Home » » HAMA TIKUS MERESAHKAN PETANI, BABINSA KERAHKAN PETANI BURU TIKUS

HAMA TIKUS MERESAHKAN PETANI, BABINSA KERAHKAN PETANI BURU TIKUS

Written By ANDI on 25 Apr 2017 | 12:19 PM


PK,.Cilacap  -  Babinsa desa Cilopadang, Koramil 13/  Majenang, Kodim 0703/Cilacap, Serda Darsono Bersama perangkat Desa serta masyarakat Dusun Cilumuh Timur, Desa Cilopadang, Kecamatan Majenang  melakukan Gropyok tikus di areal persawahan desa Cilopadang, Minggu (23/04).

Keterlibatan Babinsa dalam kegiatan perburuan hama tikus sebagai upaya pendampingan membantu petani. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari dari program Kementerian Pertanian dalam upaya peningkatan ketahanan pangan,” terang Babinsa pendamping Serda Darsono.

“Sebelum kegiatan dilaksanakan, para petani diberikan sosialisasi bagaimana cara berburu tikus dengan menggunakan alat cerobong asap belerang serta perangkap wuwu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Cilumuh, Desa Cilopadang Haryadi menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya mengurangi serangan hama terhadap tanaman padi, baik pada masa tanam ataupun panen, terutama serangan hama tikus.

Selain itu, masyarakat khususnya para petani sangat antusias dan semangat karena Babinsa segera mengerahkan masyarakat untuk berburu Tikus. Adanya Gropyok tikus ini para petani bisa merasakan tenang karena tanamanya tidak rusak di makan tikus, kegiatan Gropyok tikus juga nantinya dilakukan tiap dua bulan sekali," ungkap Kepala Dusun Cilumuh, Desa Cilopadang.
(Serda Sutaryo)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando