Home » » DANRAMIL 08/ADIPALA : SADAR BERBANGSA DAN BERNEGARA, YAKIN PANCASILA SEBAGAI IDIOLOGI NEGARA

DANRAMIL 08/ADIPALA : SADAR BERBANGSA DAN BERNEGARA, YAKIN PANCASILA SEBAGAI IDIOLOGI NEGARA

Written By ANDI on 25 Apr 2017 | 12:18 PM


PK,.Cilacap - Bertempat  di lapangan Srandil Glempang Pasir Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Danramil 08/Adipala, Kapten Inf Tukimin, memberikan materi bela negara dan wawasan kebangsaan kepada Diklatsar Banser yang diikuti 207 orang, Minggu (23/04).

Beberapa materi yang diberikan antara lain pengertian negara, arti dan makna serta perlakuan terhadap simbol negara, nilai-nilai wawasan kebangsaan serta membangun karakter bangsa sesuai dengan landasan dan nilai-nilai Pancasila serta manfaat wasbang.

Danramil 08/Adipala, Kapten Inf. Tukimin mengatakan, bahwa pembekalan materi wasbang tersebut, bertujuan untuk melestarikan dan menumbuhkan semangat wawasan kebangsaan bagi generasi muda utamanya dalam hal ini para Diklatdar Banser.

“Melalui pendekatan wawasan kebangsaan ini merupakan upaya untuk pelestarian pembangunan nasional,” ungkapnya, ”

Selain itu, Danramil menekankan bahwa pentingnya wawasan kebangsaan bagi generasi muda. Karena para pemuda ini merupakan generasi, dan tumpuan bagi masa depan bangsa Indonesia.

“Wawasan kebangsaan sangatlah penting untuk dipahami, dan dilaksanakan oleh generasi muda. Dengan harapan agar kehidupan bangsa Indonesia kedepannya bisa lebih baik,” tandasnya.

Selain pengisian materi Wasbang, kegiatan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser tersebut sebelumnya telah dibuka oleh Camat Adipala Drs. Teguh Prastowo pada hari Sabtu (22-04-2017) dan rencana ditutup pada Senin 24-04-2017.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Personel Koramil 08/Adipala diberikan kesempatannya untuk ikut membina kedisiplinan peserta Diklatsar Banser. Beberapa materi diberikan diantaranya, Senam pagi dilanjutkan,  latihan teknik dasar bela diri, instruktur Sertu Teguh beserta Sertu Sugiarto.

Untuk bidang latihan PBB, instruktur Sertu Teguh Maryono  beserta 5 personel Koramil 08/Adipala dengan materi gerakan dasar ditempat dan gerakan berjalan. Tidak ketinggalan, lomba PBB pun diadakan oleh peserta diklatsar tingkat lanjutan  sebanyak 24 PAC Banser dengan juri personel TNI dari Kodim 0703/Cilacap yakni,  Pelda Satiman beserta 2 Personel Serka Yatiman dan Serda Kadiwan.

Secara fisik sehat jasmani dan rohani, sehingga para peserta Diklatsar ini dapat mendukung kegiatan awal Bela Negara serta berwawasan Kebangsaanserta selalu berpegang teguh dan utamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi atau golongan.

Tampak hadir dalam kegiatan Diklatsar Banser tingkat Kabupaten Cilacap, yakni, H.Toyimin.A,M (Ketua Panitia PKD dan Diklatsar ), Kyai Abdus Syakur (Pimpinan anak Cabang GP Ansor Kecamatan Adipala) serta personel Polsek Adipala. (Serda Sutaryo)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando