Home » » SATU HEKTAR LAHAN DEMLOT KORAMIL 08/ADIPALA KALI INI DITANAM MENGGUNAKAN TRANSPLANTER

SATU HEKTAR LAHAN DEMLOT KORAMIL 08/ADIPALA KALI INI DITANAM MENGGUNAKAN TRANSPLANTER

Written By ANDI on 25 Apr 2017 | 12:20 PM


PK,.Cilacap  -  Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa)  Koramil 08/Adipala, Kodim 0703/Cilacap Serma Mashadi dampingi petani tanam padi Demlot Koramil 08/Adipala menggunakan mesin transplanter di lahan milik Puryanto Ketua Gapoktan "Ngudi Mulyo"  Desa Doplang, Kecamatan Adipala, Senin (24/04).

Mesin tanam padi (Transplanter) sebagian besar petani merupakan alat yang masih baru diharapkan kedepan semakin banyak petani yang bisa menggunakan alat tersebut. Mesin transplanter sediri mempunyai banyak keunggulan dimana bisa mengefisienkan waktu tanam dimana dalam 1 hektar lahan hanya perlu waktu tanam sekitar 6 jam saja sehingga dapat menekan pengeluaran biaya untuk tanam.

Dalam kesempatan tersebut, Serma Mashadi Babinsa Koramil 08/Adipala,  menyampaikan bahwasanya Koramil 08/Adipala  berkomitmen untuk terus memberikan pendampingan kepada petani agar program swasembada dan ketahanan pangan terus terwujud," ungkap Serma Mashadi.

Sambung Dia, di lahan seluas 1 hektare ini tanam padi menggunakan transplanter sistim jajar legowo 2:1 jenis padi yang ditanam varitas IR 64. Usia tanam padi ini adalah 17 hari, sistem ini nantinya akan mempunyai tunas yang lebih banyak, sehingga dapat meningkatkan hasil panen yang meningkat," ujarnya saat Babinsa mendampingi tanam padi.

Lebih lanjut, sementara pupuk yang di gunakan adalah menggunakan pupuk organik. Dengan demikian bisa untuk mengurangi pupuk berbahan kimia, sehingga hasil padi nantinya akan lebih baik di bandingkan dengan padi yang cara pemupukanya menggunakan pupuk berbahan kimia," terangnya.

Pada tempat yang sama, Ketua Gapoktan "Ngudi Mulyo", Desa Doplang Puryanto, mengungkapkan terima kasih kepada Babinsa Koramil Adipala  yang telah mendampingi tanam padi sehingga dapat memotifasi para petani di kelompok tani kami," Ucap Puryanto.
 
Dalam kesempatan yang sama, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Weni juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama Babinsa yang selama ini melasanakan pendampigan kepada para petani untuk sama sama mendukung program pemerintah  dalam rangka swasembada pangan nasional, dan juga mensejahterakan masyarakat kususnya petani.
(Serda Sutaryo)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando