Home » » Ratusan Prajurit Lantamal V Terjun Bersihkan Sungai

Ratusan Prajurit Lantamal V Terjun Bersihkan Sungai

Written By ANDI on 29 Sep 2015 | 3:02 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.Surabaya (29/9),-Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Wadan Lantamal V) Kolonel Laut (P) Isbandi Andrianto, S.E., beserta 250 orang prajurit Lantamal V diterjunkan bersama prajurit TNI/Polri beserta masyarakat kota Surabaya lainnya untuk bersihkan sungai yang dimulai dari Kali Jagir hingga Monkasel Surabaya, Selasa (29/9) pagi.

Kegiatan program kali bersih ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke-70 TNI tahun 2015. Pelaksanaan bersih-bersih kali prajurit TNI ini ditandai dengan upacara pembukaan yang digelar di Lapangan Apel Garnizun Tetap III Surabaya yang dibuka Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur mewakili Komandan Garnizun Surabaya.

Menurut Guntur –sapaan akrab mantan Danpaspampres ini-mengatakan bahwa program kali bersih ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas air sungai sehingga memenuhi fungsi peruntukkannya. Prokasih adalah sebuah program yang memiliki latar belakang hukum, yakni Amanat kebijakan Nasional sebagaimana ditetapkan dalam UUD 1945, GBHN, Undang-undang Nomor 4/1982 dan Undang-undang lain yang berkenaan dengan lingkungan hidup.

Untuk itu lanjutnya, lingkungan hidup harus dikelola karena sangat penting bagi kehidupan dan perikehidupan manusia termasuk kegiatan pembangunan, jangan sampai dengan alasan pembangunan, justru menimbulkan kerusakan alam dan ekosistemnya.

“Fungsi lingkungan hidup dalam setiap kegiatan pembangunan harus dikelola dan dilestarikan sebaik mungkin, sehingga lingkungan hidup tetap mampu mendukung pembangunan secara berkelanjutan bagi kesejahteraan generasi sekarang maupun generasi mendatang,” tandasnya.

Namun kondisi saat ini, sungai-sungai yang berada di Surabaya kebanyakan sangat memperihatinkan. Sungai yang melintasi daerah kota Surabaya yang air sungainya sudah hitam legam, berbau tidak sedap dan tidak layak di konsumsi. Belum lagi sampah yang dibuang secara sembarangan ke kali akan menyebabkan aliran air menjadi mampet. Selain itu sampah juga menyebabkan sungai cepat dangkal dan akhirnya memicu terjadinya banjir di musim penghujan.

“Untuk menjadikan sungai kita ini bisa lebih baik merupakan tugas bersama, baik Pemkot Surabaya, TNI/POLRI, Instansi pemerintah dan swasta, dan tentunya yang paling berperanan besar adalah peran masyarakat. Oleh karena itu saya berharap dalam rangka Hari jadinya TNI yang ke - 70 tahun 2015 ini, Saya mengajak seluruh yang hadir saat ini untuk bekerja bersama-sama membersihkan Kalimas. Dan tentunya pada waktu-waktu yang lain program kali bersih ini dapa terus dilakukan agar sejarah kejayaan sungai di kota Surabaya pada masa lampau dapat terulang kembali “, tandasnya.

Sementara itu jalannya upacara pembukaan yang dipimpin komandan upacara Letkol Infantri Rudy yang kesehari-harinya menjabat sebagai Waaspers kodam V Brawijaya ini, diikuti 1 kompi yon arhanud Gedangan, 1 kompi Puspenerbal, 1 kompi Marinir 1 kompi Lanud Surabaya, 1 kompi Gartap III Surabaya, dan 1 kompi Brimob.

Nampak hadir di upacara pembukaan prokasih Kasdam V Brawijaya, KS Armatim, Danguspurlatim, Karumkital Dr. Ramelan, Danlanud Surabaya, Wadan Lantamal V, dan Kasatbinmas Surabaya. Usai upacara dilanjutkan peninjauan pelaksanaan bersih-bersih kali dengan rute dari JagirWonokromo hingga Monkasel Surabaya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando