Home » » Babinsa dan PPL Dampingi Pok Tani Makmur Desa Jenggawah Tanam Padi Menggunakan Transplanter

Babinsa dan PPL Dampingi Pok Tani Makmur Desa Jenggawah Tanam Padi Menggunakan Transplanter

Written By ANDI on 21 Agu 2017 | 3:09 PM


Jember. Tugas Pendampingan Babinsa bersama PPL merupakan bagian dari Upaya Khusus (Upsus) Program Ketahanan Pangan yang merupakan MoU Menteri Pertanian dengan Kepala Staf Angkatan Darat guna mempercepat terwujudnya swasembada pangan secara nasional.

Hal tersebut dapat terlaksana dan benar-benar mampu meningkatkan produksi pertanian didaerah serta melipatgandakan persediaan padi, jagung dan kedelai secara nasional, bahkan khusus komoditas beras beberapa tahun ini sudah mampu melaksanakan eksport ke negeri tetangga.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Desa Jenggawah Serda Jamhari bersama PPL Ir Sodik yang melaksanakn pendampingan tanam padi di lahan milik H Siswadi anggota Pok Tani Makmur seluas 1,2 hektar.

Menurut H Siswadi pendampingan yang dilakukan ini benar-benar memberikan manfaat bagi petani, utamanya secara tehnis yang selama ini kita menganut tanam secara tradisional dengan adanya pendampingan Babinsa dan PPL yang lebih intensif ini kita didorong untuk mengolah sawah secara modern dengan peralatan mesin.

Selama ini kita anti menggunakan mesin karena takut lahan kita tercemar dan lain-lain, namun dengan sosialisasi dan pengenalan yang detil akhirnya para petani tertarik apalagi dapat mempercepat tanam dan lebih efektif efisien dipembiayaan. Jelas H Siswadi.

Komandan Koramil 0824/25 Jenggawah Kapten Inf Ismianto memmbenarkan adanya kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa Jenggawah bersama PPL, hal tersebut memang sudah saya instruksikan kepada para Babinsa untuk selalu aktif turun dilapangan utamanya dalam pendampingan ini, sehingga program-program percepatan tanam, pengendalian hama dapat dilaksanakan dengan baik dan hasil pertaniannya lebih optimal.

Demikian halnya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto yang dalam konfirmasinya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Danramil beserta Babinsa jajarannya yang telah melaksanakan pendampingan dengan baik.

Lebih lanjut Letkol Inf Rudianto menegaskan bahwa berbagai prestasi dibidang pendampingan pertanian yang telah kita raih secara nasional baik terkait luas tambah tanam (LTT) serta penyerapan gabah (Sergab) merupakan hasil karya para anggota jajarnnya yang telah melakukan tugasnya dengan baik.

Untuk itu jangan cepat berpuas diri, tingkatkan pengabdian kita dalam melaksanakan pembinaan territorial maupun pendampingan pertanian, perlu diingat bahwa Kabupaten Jember merupakan parameter produksi pertanian sehingga kalau terjadi kegagalan di Jember akan berdampak pada Propinsi Jawa Timur maupun Nasional, untuk itu mari kita tingkatkan pengabdian kita demi swa semabada pangan nasional yang lebih mantap. (sis24)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando