Home » » RAPAT EVALUASI CETAK SAWAH TA 2015 DI KAB. MERAUKE

RAPAT EVALUASI CETAK SAWAH TA 2015 DI KAB. MERAUKE

Written By ANDI on 29 Jan 2016 | 10:32 PM

PORTAL-KOMANDO.COM,.-Merauke – Bertempat di ruang pertemuan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Merauke pada (28/01/16) pukul 09.00 Wit telah berlangsung rapat Evaluasi Cetak Sawah tahun 2015. Rapat dipimpin oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Merauke Ir.R. Bambang Dwiatmoko,M.Si dan didampingi Pasi Terdim 1707/Merauke Kapten Inf Krets Bawotong,S. Sos selaku mewakili Komandan Kodim 1707/Merauke.

Dalam jalanya rapat, perwakilan dari Gapoktan disetiap daerah menyampaian masing-masing kendala yang tidak terealisasi selama kegiatan dari pembukaan lahan dan cetak sawah, seperti halnya pengiriman pupuk belum semuanya diterima serta tidak ada koordinasi yang baik dilapangan sehingga barang-barang pendukung kegiatan pembukaan lahan ditinggal bekitu saja, untuk pengairan di Kampung Samaryam Indah seluas 100 Ha lahan belum ada draenase untuk penampungan air yang dikwatirkan disaat datang musim hujan.

Dari keluhan yang disampaikan oleh setiap perwakilan Gapoktan, selaku Kepala Dinas Tanam Pangan dan Hortikultura Ir.R. Bambang memberikan penjelasan, untuk pemgelolahan tanah bukan sawas sempurna secara teoritis, jangan samakan dengan sawah sempurna jadi yang dimaksudkan dalam pengelolahan tanah adalah bajak dan Harrow. 
Lahan cetak sawa tahun 2015 setiap wilayah mendapatkan sarana produksi benih,pupuk,pestisida dan peralatan pasca panen (karung dan terpal). Untuk pengelolah alsintan sesuai dengan pedoman teknis bengkel alsintan dan tentang pengairan harus tentukan lokasi sebelum lahan siap untuk cetak sawah serta pengelolahanya diperbaiki. ( ucap Ir. Bambang).

Adapun masukan yang disampaikan Kapten Inf Artiono selaku Danramil kewilayahan Kab. Merauke bahwa apa yang sudah disampaikan Kadis dan waktu yang dipercayai untuk pengelolahan pembukaan lahan yang dilakukan oleh TNI(Zeni/zipur) adalah waktu yang singkat jadi pasti banyak kendala yang dihadapi, dengan evaluasi ini kita melihat dan perbaiki bersama-sama tidak saling menyalahkan untuk perbaikan di tahun 2016. 
Masukan dari Gapoktan kita jadikan acuan dan perbaikan kedepan serta kerja sama dengan baik dengan adanya evaliasi yang baik. Dalam penutupan rapat ini Ir. Marsum selaku sekretaris Dinas tanam pangan dan Hortikultura menyimpulkan untuk semua kendala-kendala yang disampaikan oleh Gapoktan dan yang lainnya kita sama-sama evaluasi, untuk pengelolahan tanah harus serius kita perbaiki karena persoalan ini , kedepan akan jadi masalah jika tidak kita siapkan. Pelaksanaan pembuatan galengan pengairan diberikan kepada petani untuk rasa memiliki, perhatian khusus tolong dikawal dalam program ini agar terealisasi dengan baik.

Hadir dalam rapat ini Kepala Dinas Tanam pangan dan Hortikultura,Danramil 1707/Merauke, Pasiter Kodim 1707/Merauke, Wadan Zipur Merauke, para Kepala Distrik, PPL, Para kepala Kampung, Kabid P2HP dan para ketua Gapokta Kab. Merauke.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando