Home » » Koramil 1710-07/Mapurujaya Dampingi Petugas Puskesmas Mapurujaya Sidak Makanan Ilegal Dan Kadaluarsa

Koramil 1710-07/Mapurujaya Dampingi Petugas Puskesmas Mapurujaya Sidak Makanan Ilegal Dan Kadaluarsa

Written By ANDI on 23 Feb 2017 | 7:11 PM



PORTAL-KOMANDO.COM,.MIMIKA,.Maraknya penjualan makanan dan produk di pasaran harus mendapatkan perhatian dari pihak terkait karena memiliki batas kadaluarsa yang bisa membahayakan kesehatan masyarakat. Makanan kadaluarsa terkadang jarang diperhatikan oleh konsumen dan kadang pula dimanfaatkan oleh oknum penjual nakal untuk meraup keuntungan.

Menyadari pentingnya kesehatan masyarakat serta untuk membina hubungan baik dengan dinas terkait, Danramil 1710-07/Mapurujaya, Letda Inf. Suardi Koramil 1710-07/Mapurujaya bersama beberapa petugas dari Puskesmas Mapurujaya melaksanakan Sidak di beberapa kios di Kampung Poumako, Distrik Mapurujaya, Kab.Mimika pada Kamis 23/02/2017. Hal ini dilakukan untuk menertibkan barang dagangan yang sudah lewat masa kadaluarsa serta barang yang bersifat ilegal seperti Miras maupun makanan/minuman lain yang dilarang.

“Dari hasil pemeriksaan di beberapa kios tadi, memang masih ditemukan beberapa makanan yang sudah kadaluwarsa. Adapun tindakan yang kita ambil adalah memperingatkan pedagang kios untuk selalu memeriksa barang dagangannya setiap saat, sedangkan barang kadaluwarsa tersebut kita bawa untuk dimusnahkan.” Terang Danramil.

Selain itu pihak Puskesmas juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar setiap membeli barang konsumen harus melihat secara teliti tanggal kadaluarsanya. Karena bila sudah kadaluwarsa, makanan tersebut bisa menjadi racun bagi tubuh. Selain itu penjual pun diingatkan agar jangan lagi menjual barang yang sudah kadaluwarsa karena bisa terjerat hukuman yang berat.

Kegiatan ini diapresiasi positif oleh masyarakat dan mengharapkan hal ini dapat dilakukan secara berkala atau insidentil untuk melindungi kesehatan masyarakat. “Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi kami. Selama ini kami jarang bahkan tidak melihat tanggal kadaluwarsa bila membeli barang. Kami bahkan ada yang belum faham akan bahaya makanan kadaluwarsa.” Ujar salah seorang ibu yang enggan disebut namanya, saat belanja di sebuah kios dan bertemu petugas Puskesmas.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando