Home » » Tumbuhkan Rasa Nasionalisme dan Cinta Tanah Air Pada Generasi Muda di Wilayah Binaan

Tumbuhkan Rasa Nasionalisme dan Cinta Tanah Air Pada Generasi Muda di Wilayah Binaan

Written By ANDI on 21 Agu 2017 | 6:10 PM

Salawati, Dalam rangka membantu program pemerintah tentang pendidikan nasional dan menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air pada generasi muda. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1704-06/Salawati Serka Choirul Anas memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara kepada siswa-siswi SMP Negeri 9 Distrik Salawati Kab. Raja Ampat. Senin (21/08/2017).  

Dalam materinya, Babinsa Serka Choirul Anas, menyampaikan tentang pentingnya Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi generasi muda sebagai tulang punggung bangsa yang kelak akan memimpin negeri dan bangsa tercinta ini. Perlunya pemahaman pada generasi muda khususnya di sekolah-sekolah tentang 4 Dasar Konsensus Berbangsa dan Bernegara, yakni Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika serta tentang pentingnya bela negara demi keutuhan NKRI Bila kita sudah memahami, menghayati/meresapi, maka yakinlah tidak akan ada lagi fanatisme sempit keagamaan, primodialisme (rasa kedaerahan) yang berlebihan dan perpecahan yang mengarah pada disintegrasi bangsa.

Lanjut Babinsa, mengatakan bahwa peningkatan wawasan kebangsaan bagi generasi muda, terutama melalui sosialisasi agar bisa memahami kondisi perkembangan bangsa ini. “Dengan adanya kegiatan ini saya berharap para pelajar dapat meningkatkan kecintaan terhadap bangsa dan Negara, sehingga semangat kesatuan dan persatuan bangsa dan Negara dapat tertanam dalam diri kita semua” Jelasnya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Bapak Gagus Made Sudirta mengungkapkan, “Kegiatan seperti ini sangat penting dilakukan agar wawasan kebangsaan generasi muda terutama para pelajar agar lebih baik. Karena itu, kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Babinsa Koramil 1704-06/Salawati”. Melalui peningkatan wawasan kebangsaan tersebut diharapkan generasi muda di daerah mendapatkan bekal, sehingga mampu menjadi warga negara yang baik. Ungkapnya. 

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando