Home » » Lantanal XII/Pontianak Bersih-Bersih Sungai Kapuas

Lantanal XII/Pontianak Bersih-Bersih Sungai Kapuas

Written By ANDI on 23 Agu 2017 | 10:53 AM




Pontianak,PK – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi memimpin langsung pelaksanaan kegiatan bersih-bersih sungai dan laut dari sampah plastic yang dipusatkan di Taman Alun-Alun Kapuas dan sungai Kapuas , Jalan Rahadi Usman, Pontianak, Kalimantan Barat. Selasa (22/08).

Danlantamal XII Pontianak dalam sambutannya menyampaikan bahwa sungai Kapuas ini merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang total 1.145 km, oleh karena itu sepatutnya kita jaga kebersihannya dari sampah terutama sampah plastik karena sampah plastik sangat sulit di daur ulang atau sulit dihancurkan oleh alam, otomatis dengan demikian dengan berjalannya waktu, hari berganti bulan, bulan berganti tahun sampah akan menumpuk di sungai dan akhirnya menumpuk di laut dan akan mempengaruhi pencemaran sungai maupun laut termasuk lingkungan dan isi didalamnya, hal ini otomatis berkaitan dengan penghasilan dan pendapatan dari masyarakat yang sehari harinya mencari ikan.

"Masa depan kita, masa depan warga Kalimantan Barat khususnya warga Kota Pontianak hampir semuanya bertumpu kepada sungai ataupun laut, karena laut adalah sumber kekayaan alam, semua potensi terbesar ada dilaut sehingga kita sebagai warga yang cerdas dan mau berpikir mari bersama-sama menjaga sungai dan laut dari sampah plastik" ujar Jenderal bintang satu ini sebagaimana dilansir dalam rilis Dispen Lantamal XI.

Lebih lanjut dikatakan Danlantamal, adapun maksud dan tujuan dilaksanakan acara bersih-bersih sungai dan laut dari sampah plastik yaitu mengajak dan menghimbau warga Kota Pontianak untuk selalu tidak membuang sampah terutama sampah plastik ke sungai maupun laut."Serta menjaga dan peduli bersama-sama terhadap kebersihan lingkungan, kerapihan, keindahan sungai Kapuas agar menjadi nyaman bagi pengunjung dan menjadi obyek wisata rekreasi dan kebanggan bagi warga Kota Pontianak maupun turis mancanegara" pungkasnya.

Selanjutnya Danlantamal XII Pontianak Brigadir Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi yang didampingi Wadan Lantamal XII beserta para Asisten Danlantamal melaksanakan kegiatan pengambilan sampah plastik baik itu yang berada di tepian sungai Kapuas maupun sampah plastik yang berada di tengah sungai Kapuas dengan menggunakan perahu karet Lantamal XII.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh seluruh Prajurit Lantamal XII Pontianak, Siswa-siswi SUPM dan SMKN 9 Pontianak, kegiatan bersih bersih sungai dan laut dari sampah plastik ini di laksanakan serentak di seluruh jajaran wilayah Komando Armada RI Kawasan Barat.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Komandan Lantamal XII Pontianak, para Asisten Danlantamal XII Pontianak, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan HidupKota Pontianak Dra. Dwi Endah Meinarti, M. Si., para Kadis/Kasatker, Perwira, Bintara, tamtama Lantamal XII Pontianak.(AD)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando