Home » » BABINSA KORAMIL 04/BINANGUN LAKUKAN PENDAMPINGAN PERCEPATAN TANAM MASA TANAM II

BABINSA KORAMIL 04/BINANGUN LAKUKAN PENDAMPINGAN PERCEPATAN TANAM MASA TANAM II

Written By ANDI on 25 Apr 2017 | 7:14 PM


PK,.Cilacap -  Koramil 04/Binangun, Kodim 0703/Cilacap, selalu berupaya dalam melaksanakan Upsus pendampingan petani dalam mensukseskan program swasembada pangan Nasional.

Seperti halnya yang dilakukan personel Babinsa Koramil 04/Binangun Serda Jumadi melakukan Upsus pendampingan terhadap petani dalam kegiatan Masa Tanam (MT) II  bersama PPL  yang dilakukan dilahan pertanian seluas 1 Hektar milik Asmuni Bera anggota kelompok tani "Rahayu" desa Binangun, Kecamatan Binangun, Selasa (25/04).

“ Hal ini sudah menjadi salah satu tugas dari TNI (khususnya Babinsa) dalam membantu pemerintah mensukseskan pembangunan di daerah. Selain itu juga membantu untuk pendampingan para petani dalam rangka program upaya khusus (UPSUS) pemerintah, guna mempercepatkan swasembada pangan sampai dengan tahun 2017 terutama pada komoditas Padi," ujar Salah satu Babinsa Koramil 04/Binangun Serda Jumadi.

Menindak lanjuti perintah dari Komando atas tentang  melaksanakan kegiatan penanaman padi serentak di wilayah masing-masing, kegiatan tersebut bertempat di Desa Binangun Kecamatan Binangun dengan luas lahan sekitar 1 hektare di sawah milik Asmuni Bera, bekerjasama dengan dinas PPL Kecamatan Binangun, gapoktan dapat melaksanakan kegiatan tanam padi serentak dengan memperkenalkan sistem tanam padi dengan menggunakan mesin tanam padi (Transplanter).

Semula warga Desa Binangun masih memakai cara manual dalam menanam padi atau istilahnya Tandur, “Kini dengan adanya bantuan mesin transplanter menjadi hal yang baru dalam penanaman padi bagi petani,” ungkap Babinsa 

Para petani sangat terbantu dengan adanya bantuan dan pendampingan dari anggota TNI, baik bantuan material maupun tenaga, motivasi para petani untuk ikut mendukung dalam mensukseskan swasembada pangan nasional.

Perkembangan teknologi pertanian seperti halnya mesin tanam padi yang di berikan oleh Kementan, sudah tidak menjadi kendala lagi bagi petani dalam pengoperasian usai mendapatkan arahan dari anggota Babinsa.

Lebih lanjut, PPL Kecamatan Binangun Edi Nurohman mengatakan, tanam padi di Masa Tanam (MT) II di Kecamatan Binangun ini terealisasi luas tambah tanam 38,40 Hektare untuk bulan April sampai dengan September 2017, agar target MT II terpenuhi secara maksimal, dan belum lagi target luas tambah tanam desa -desa lain juga harus tercapai hingga akhir September nanti.

Kami himbau kepada seluruh anggota Poktan Desa Binangun untuk segera melaksanakan penggarapan lahan mengingat masih ada curah hujan yang turun walaupun dengan intensitas rendah namun cukup lumayan untuk lahan pertanian khususnya padi apalagi sekarang ini kami tanam benih padi dengan jenis varietas IR 64, semoga produksi dan produktifitas meningkat secara tajam, ungkapnya.(Srd.Sty)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando