Home » » Prajurit Lanal Banyuwangi Renovasi RTLH Pesisir Jember

Prajurit Lanal Banyuwangi Renovasi RTLH Pesisir Jember

Written By ANDI on 3 Mar 2016 | 12:16 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-Lantamal V (3/3),-Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Bayuwangi, Lantamal V mulai melakukan renovasi rumah tidak layak huni milik beberapa nelayan di wilayah pesisir pantai Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (3/3).

Pelaksanana renovasi rumah nelayan Puger yang tidak layak huni ini dilakukan oleh tiga orang personel Pos TNI AL (Posal) Puger, Lanal Banyuwangi, Lantamal V dibantu masyarakat sekitar.

Menurut Komandan Lanal Banyuwangi, Letnan Kolonel Laut (P) Wahyu Endriawan, S.H mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pogram lanjutan Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kerjasama Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) dengan Provinsi Jawa Timur.

Program tersebut lanjut Wahyu –sapaan akrab Danlanal Banyuwangi ini- ditujukan untuk membantu masyarakat didaerah pesisir pantai di wilayah Jatim untuk memiliki hunian rumah yang layak untuk di huni.

Rumah-rumah yang diprioritaskan untuk di renaovasi adalah rumah-rumah yang berukuran sekitar 4x6 atau lebih yang beralaskan tanah, berdinding bilik atau gedek bambu, atap dari rumbia, tidak memiliki jendela, pintu dan sanitasi yang tidak baik.

"Ada tiga rumah tidak layak huni yang di bedah dan dibangun ulang saat ini di kabupaten Jember. Pembangunan ulang ini langsung dikerjakan prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi khususnya Posal Puger," ungkap Wahyu.

Menurutnya, pelaksanaan program RTLH ini bisa membantu rakyat yang kurang mampu untuk memiliki hunian layak. Program ini juga merupakan bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat, TNI siap membangun bersama rakyat, karena TNI berasal dari rakyat.

Kemanunggalan TNI dengan rakyat ini, contoh nyatanya dapat terlihat dari pelaksanaan program ini misalnya. “Ketika prajurit kami melakukan renovasi, tampa diminta bantuan, masyarakat disekitar rumah yang direnovasi turut membantu baik tenanga, fikiran bahkan ada yang menyimbangkan material untuk mambantu kelancaran renovasi rumah tetangganya itu, luar biasa...begitu indahnya,” pungkas Wahyu.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando