Home » » Sanggar Samapta Rumeksa Lantamal V Ikuti Karawitan Competition 2016

Sanggar Samapta Rumeksa Lantamal V Ikuti Karawitan Competition 2016

Written By ANDI on 27 Feb 2016 | 10:16 PM

PORTAL-KOMANDO.COM,.-Lantamal V, (27/2),-Sanggar Karawitan Samapta Rumeksa, Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) mengikuti lomba Karawitan Competition 2016 yang diselengarakan Universitas Widya Mandala Surabaya dan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur di Pendopo Jayeng Rono, Balai Budaya Jawa Timur, Jl. Genteng Kali No.85 Surabaya, Sabtu (27/2).
 
Karawitan Samapta Rumeksa Lantamal V asuhan Komandan Detasemen Markas Lantamal V, Mayor Marinir Presetiyo Pinandito ini bermaterikan 20 orang prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal V dan bersaing dengan sembilan peserta lainnya dari Surabaya.
 
Lomba karawitan yang bertemakan "Ini Budayaku" ini, diikuti GKJW (gereja Kristen Jawi Wetan) Simomulyo, Sampoerno Budaya, Paguyuban Samapta Rumeksa Lantamal V,Universitas Widiaya Mandala, Sanggar Barada, Sanggar Baladewa, SMA Untung Suropati, SMK N 1, SMA Trimurti dan SMA Sinlui 2 Surabaya.
 
Sementara itu Dewan Juri dipercayakan kepada RRI (radio republik indonesia) bpk Kukuh dan bpk Surono. Seblum acara dimulai, Wakil Rektor Universitas Widya Mandala, Drs. Y.G Harto Pramono, Ph, D mengatakan bahwa tujuan digelarnya lomba ini adalah untuk melestarikan budaya tradisional luhur bangsa khususnya seni karawitan di kalangan masyarakat, mengingat dewasa ini alat musik dan kesenian kawawitan mulai tergeser oleh budaya lain yang merambah dikalangan generasi muda bangsa.
 
Karawitan adalah kesenian musik tradisional Jawa yang mengacu pada permainan musik Gamelan. Kesenian Karawitan ini dikemas dengan alunan instrument dan vokal yang indah sehingga enak untuk didengar dan dinikmati. Kesenian kerawitan ini merupakan kesenian klasik yang sangat terkenal di masyarakat Jawa dan Indonesia sebagai salah satu warisan seni dan budaya yang kaya akan nilai historis dan filosofis.
 
Gamelan sendiri lanjut Harto, merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat Jawa dari dulu hingga sekarang. Terlihat dari kesenian dan budaya Jawa yang tidak lepas dari alat musik satu ini.
 
Menurutnya selain bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan dan meningkatkan apresiasi seni karawitan kepada generasi muda, festival karawitan juga sangat positif untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan, menanamkan nilai-nilai luhur; menghilangkan sifat negatif; menumbuhkan kreativitas serta memupuk kerja sama tim (team work).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando