Home » » Prajurit Lanal Tegal Ikuti Sosialisasi Hukum

Prajurit Lanal Tegal Ikuti Sosialisasi Hukum

Written By ANDI on 3 Sep 2015 | 10:41 AM


PORTAL-KOMANDO.COM,.Tegal (2/9),-Ratusan prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal, Lantamal V begitu antusias menerima penyuluhan dan sosialisasi hukum dari Dinas Hukum TNI Angkatan Laut (Diskumal) yang tengah melakukan program Safari Hukum keberbagai Lanal-Lanal di seluruh Nusantara, Rabu (2/9.
 
Setelah sebelumnya sosialisasi di Cirebon, Tim yang terdiri dari 3 (tiga) Pamen tersebut diketuai Kolonel Laut (KH) Edi Bukhori,S.H didampingi Letkol Laut (KH) Tria Santosa,S.H, dan Mayor Laut (KH) Slamet Widodo sebagai pemberi materi ceramah hukum laut.

Menurut Danlanal Tegal, Lantamal V Letkol Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro, S.E,. mengatakan, Safari Hukum yang dilaksanakan oleh Diskumal ini sangat penting sekali bagi pedoman segenap Prajurit Angkatan Laut Terutama Prajurit yang berdinas di Lanal Tegal dan bagi keluarganya, karena dengan pencerahan ini akan mendapat wawasan dan cara pandang yang positif untuk bertindak dimanapun berada, tidak terkecuali bagi anggota yang berdinas di Patkamla wilayah Lanal Tegal. Sosialisasi ini, saya sangat apresiasi, diharapkan setelah mendapat pencerahan akan lebih mantap untuk berperilaku dalam melaksanakan tugasnya.

Pemateri Safari Hukum, Letkol Laut (KH) Tria Santoso,S.H dari Kasi Hatkum Subdisbanhatkum Diskumal, menjelaskan tentang permasalahan yang dialami oleh Prajurit maupun keluarganya manakala mendapat Kasus-kasus seperti Narkoba, kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), kasus Asusila, Pencucian Uang, dan Kasus Disersi Prajurit, solusi dan pemecahannya untuk bisa keluar dari permasalahan tersebut.

Di elaskan dari tahun 2013 sampai tahun 2015 banyak pelanggaran yang naik turun angka pelanggarannya, yang semula di tahun 2013 angka pelanggaran 426 pelanggaran, di tahun 2014 menjadi 422 pelanggaran dan di tahun 2015 ini menurun menjadi 230 pelanggaran dari berbagai jenis pelanggaran seperti Lalai Tugas, Desersi, Mangkir, Penganiyaan, Asusila, Daerah terlarang, Penggelapan, dan Narkoba. Angka itu bisa di minimalisir dengan adanya penyuluhan seperti ini. Terangnya.

Safari hukum yang mengambil tema “Untuk Meningkatkan Kesadaran Hukum Di Lingkungan Prajurit Dan Keluarga Besar Lanal Tegal” itu di hadiri oleh Komandan Lanal Tegal yang mendampingi Katim, diikuti Palaksa Lanal Tegal, Seluruh Perwira Staf Lanal Tegal, Prajurit dan PNS Lanal Tegal, Ketua Jalasenastri cabang 7 Korcab V DJAT, dan pengurus Jalasenastri Lanal Tegal, setelah mengadakan safari hukum di Lanal Tegal, Tim bergerak menuju ke Lanal Semarang untuk melaksanakan Safari Hukum selanjutnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando