Home » » Wakasal Hadiri Pembukaan Kongres Dunia Kedokteran Militer Ke 41

Wakasal Hadiri Pembukaan Kongres Dunia Kedokteran Militer Ke 41

Written By ANDI on 21 Mei 2015 | 8:05 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-Denpasar,-Wakil Kepala Staf TNI AL (Wakasal) Laksamana Madya TNI Widodo, S.E menghadiri Kongres Dunia Kedokteran Militer yang ke-41atau 41st International Committee of Military Medicine (ICMM) World Congress on Military Medicine, yang akan berlangsung 18 – 22 Mei 2015 mendatang di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali.

Indonesia dalam hal ini Kementerian Pertahanan RI menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya didukung Kemlu,Puskes TNI dan Perhimpunan Kedokteran Militer Indonesia (Perdokmil).

Kongres yang baru pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia ini dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla pada tanggal 18 Mei, dan diharapkan dihadiri oleh 750 peserta dari 114 negara anggota ICMM dan 6 negara observer.

Tujuan utama 41st ICMM World Congress on Military Medicine ini adalah kemitraan (partnership),interoperabilitas (interoperability), dan pertukaran pengetahuan dan ilmu kedokteran militer (sharing of knowledge and sciences of military medicine).

Dalam 41st ICMM World Congress on Military Medicine di Bali ini Indonesia akan menjadi Chairman ICMM. Wakil Presiden mengatakan,pentingnya kerjasama dalam bidang kedokteran militer antar-berbagai negara dalam mengatasi dampak yang ditimbulkan akibat konflik perang di dunia.

Menurut JK –sapaan akrab Wapres -saat ini banyak terjadi perubahan besar dalam perang akibat begitu banyak korban jiwa berjatuhan. Karena itu, melalui kongres dunia ini diharapkan bisa dilakukan kerjasama kemitraan serta pertukaran pengetahuan dan ilmu kedokteran militer. "Kerjasama ini penting untuk mempersiapkan diri jika terjadi konflik maupun perang. Saya berharap kongres ini bermanfaat bagi kita semua," tegas JK.

Dengan adanya kongres yang dihadiri 750 peserta dari 114 negara anggota ICMM itu, JK pun memberikan apresiasi positif. Ia berharap pertemuan itu dapat bermanfaat bagi negara-negara anggota ICMM dan masyarakat dunia umumnya.

Dalam kesempatan sama, Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu tampil sebagai Keynote Lecture yang mengusung materi “Improving Military Medicines Knowledge, Skills and Competencies to Increase the Defensive Ability of the Country”.

Menurutnya, kongres ini diharapkan bisa menjadi ajang peningkatan pengetahuan,keterampilan, dan kompetisi kedokteran militer dalam rangka meningkatkan kemampuan pertahanan suatu negara.

Forum internasional dalam bidang military medicine ini lanjutnya, menjadi bukti peran aktif kementerian pertahanan bersama TNI dalam misi kemanusiaan di bawah payung ICMM.

"Kongres ini menjadi soft power diplomacy dalam mengangkat peran Indonesia di kancah militer dunia," tutur Mantan Kasad ini. Selain itu lanjutnya, kongres ini diharapkan juga sebagai ajang tukar-menukar informasi, teknologi, pengalaman, serta misi-misi kesehatan militer sedunia baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Hadir dalam pembukaan ICMM Kasum TNI Masekal Madya TNI Dede Rusamsi, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI M. Munir, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Widodo, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Tory Djohar Banguntoro, Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta, Danrem 163/Wsa, Danlanal Denpasar Letkol Laut (P) Bambang Trijanto, Danlanud Ngurah Rai, Bupati Badung AA. Gde Agung, serta pejabat kedokteran militer TNI/Polri dan dari Negara peserta.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung dari tanggal 18-22 Mei 2015 tersebut dimeriahkan dengan stand pameran kedokteran baik peralatan maupun obat-obatan yang digunakan oleh tim medis dalam peperangan militer dan masa damai, yang disajikan oleh seluruh Negara peserta di lounge Uluwatu BNDCC Nusa Dua Bali.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando