Home » » Lolos Rik Kesehatan I, 587 Catar Panda Surabaya Lanjut Tes Garjas

Lolos Rik Kesehatan I, 587 Catar Panda Surabaya Lanjut Tes Garjas

Written By ANDI on 20 Mei 2015 | 8:49 PM

PORTAL-KOMANDO.COM,.-Surabaya (18/5),-Setelah dinyatakan lolos uji Kesehatan I sore kemarin, sebanyak 587 orang dari 1.406 calon Taruna/Taruni asal Panitia Daerah Surabaya Penerimaan Taruna/Taruni Akademi TNI Tahun 2015 berhak mengikuti tahap uji Kesegaran Jasmani (Garjas) yang digelar di Stadion Jala Krida Mandala, Bumimoro, Surabaya, Rabu (20/5). 

Menurut Sekretaris Panitia Panda Surabaya Penerimaan Calon Taruna/Taruni Akademi TNI tahun 2015 yang juga Aspers Danlantamal V Kolonel Laut (KH) Drs. Agus Suharsono yang hadir langsung dilapangan mengatakan, dari 587 Catar tersebut, 557 diantaranya adalah pria (Calon Taruna) sedangkan 30 orang sisanya dalah peserta wanita (Calon Taruni). 

Dari jumlah 587 tersebut, dibagi kedalam empat gelombang test yakni gelombang 1 terdiri dari 130 orang (10 pria dan 30 wanita), gelombang 2 dan 3 masing masing 150 orang dan gelombang 4 sebanyak 157 orang. Dalam pelaksanaannya, tiap gelombang akan dilaksanakan dalam satu hari.

Untuk Test Gasjas ini lanjut Agus –begitu Aspers Danlantamal itu akrab disapa- mereka akan menjalani uji baterai A berupa lari 12 menit, baterai B berupa fullup, shitup, phusup dan lari angka delapan, untuk baterai Cakan menjalai test renang dan postur. “Hari ini giliran gelombang I yang berjumlah 130 orang, sejak pukul 06.30 Wib mereka telah bersiap di lapangan stadion dengan berkaos putih dan celana pendek putihnya untuk melaksanakan rangkaian test Garjas, kita berharap mereka bisa maksimal mengeluarkan potensi dirinya untuk mendapatkan nilai yang bagus,” harapnya. 

Menurutnya, persaingan saringan masuk menjadi Taruna/Taruni Panda Surabaya ini sangat berat, hal tersebut terlihat dari test awal yang diikuti 1.406 peserta, hingga hari ini tinggal tersisa 587 peserta. Pada tahap test Garjas yang dibagi 4 gelombang hingga empat hari kedepan ini juga akan berlaku sistem gugur. “Tiap hari bisa dipastikan akan ada peserta yang pulang dari tiap gelombang test, uji Garjas baik baterai A, B dan C akan menjadi tahapan seleksi alamiah bagi setiap calon peserta, bila tidak mampu melaksanakan tahapan uji tersebut, maka akan ada nilai mati yang membuat peserta tersebut gugur ditahap ini,” terangnya. 

Agus juga berpesan kepada para peserta untuk senantisa menjaga kondisi kesehtan mengingat proses seleksi masih cukup panjang. Usai test Garjas, mereka akan melaksanakan uji Mental idiologi, psikotes, sidang parade, rikmin II, Kesehatan II sebelum akhirnya Pantukhir daerah dan dikirim ke panitia pusat pada 4 Juli mendatang. 

“Proses seleksi ini cukup panjang, kalian baru lolos tahap awal, uji administrasi, Rikes I dan Garjas, tahap selanjutnya akan lebih berat dan melelahkan, karena itu jaga kondisi kesehatan kalian, jangan sampai jatuh dan itu adalah modal awal kalian selama proses seleksi berlangsung,” pintanya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando