Home » » TNI AU Resmi Terima 24 Pesawat F-16 C/D Block 52ID

TNI AU Resmi Terima 24 Pesawat F-16 C/D Block 52ID

Written By ANDI on 28 Feb 2018 | 4:56 PM


Magetan,PK- . TNI AU Resmi menerima 24 Pesawat F-16 C/D Block 52ID dari Pemerintah Amerika Serikat (USG) melalui Kementerian Pertahanan RI pada acara Serah Terima 24 Pesawat F-16 C/D di Lanud Iswahjudi, Maospati - Magetan, Jawa Timur, Rabu (29/2). Keterangan pers yang diterima menyebutkan, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M. bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP. mendampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu pada acara Serah Terima 24 Pesawat F-16 C/D di Lanud Iswahjudi.

Dalam sambutannya Menhan menyampaikan "Penyerahan 24 pesawat F-16 EDA ini merupakan bagian dari upaya pemenuhan Alutsisa TNI sebagai perwujudan gelar Pertahananan Negara Smart Power untuk memperkuat kemampuan TNI AU dalam menjaga kedaulatan NKRI."


"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Amerika Serikat atas kerjasamanya sehingga pengiriman 24 unit pesawat F-16 EDA dapat berjalan lancar" ujarnya.

"Saya minta kepada Panglima TNI, Kasau beserta staf dan seluruh prajurit yang mengoperasikan pesawat untuk merawat dan memelihara Alutsista ini dengan baik sebagai bentuk pertanggungjawaban kita kepada rakyat" pesannya.

Sementara itu perwakilan dari USG, Duta Besar Amerika Serikat (Dubes AS) untuk Indonesia Mr. Joseph R. Donovan menyampaikan ucapan terima kasih dan kebanggaan kepada Menhan dan tim pesawat F-16 dari Indonesia dan Amerika atas keberhasilan kerjasama militer antara kedua negara sehingga bisa mewujudkan 24 pesawat F-16 menjadi kekuatan Alutsista Indonesia.

Acara Serah Terima 24 Pesawat F-16 C/D tersebut ditandai dengan penandatanganan Berita Acara oleh Kabaranahan Kemhan, Aslog Panglima TNI dan Aslog Kasau yang disaksikan Menhan RI dan Dubes AS untuk Indonesia, Panglima TNI dan Kasau, kemudian prosesi pelangi (pesawat F-16 melewati pancaran air kehormatan), pelepasan burung merpati dan peninjauan ke pesawat. Selain itu juga dimeriahkan dengan Flypast 10 Pesawat F-16, tarian tradisional Cunduk Menur dan Reog Ponorogo.

Pada kesempatan tersebut, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M. menyerahkan Commemorative Book F-16 C/D Peace Bima Sena ll kepada Menhan RI, Dubes AS untuk Indonesia, Panglima TNI, Kapolri, Kasad dan Kasal. Buku terbitan Dispenau ini berisi tentang proses perjalanan pengadaan F-16 C/D dari sejak awal, pelaksanaan upgrading di Hill AFB - USA, hingga ke 24 pesawat itu datang ke Lanud Iswahjudi di Indonesia.

Upgrade yang dilakukan terdiri dari upgrade avionics setara F-16 Block 52 yang mampu membawa smart weapon berkemampuan Beyond Visual Range/BVR, upgrade structure yang diperkuat hingga 10.800 equivalent flight hours atau usia pakai 40 tahun, dan overhaul engine hingga usia kembali menjadi zero atau seperti engine baru.

Acara yang diselenggarakan Komandan Lanud Iswahjudi, Marsekal Pertama TNI Samsul Rizal, S.IP., M.Tr (Han) ini dihadiri oleh Komisi l DPR RI, BPK, Bapennas, pejabat dari Kementerian Polhukam, Perekonomian, Keuangan dan Kementerian Negara BUMN, BI serta pejabat TNI dan sipil lainnya, baik Indonesia maupun Amerika, termasuk US Pacaf. Sementara Kasau didampingi oleh para Asisten Kasau, Pangkoopsau I dan II, Dankodiklatau, Dankorpaskhasau, Kadisaeroau, Kadiskomlekau, Kadisadaau, Kadismatau dan Kadispenau.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando