Home » » Posyandu Yonif Mekanis 202/Tajimalela Memiliki Tanaman Obat Keluarga dan Rumah Kebun Hidroponik

Posyandu Yonif Mekanis 202/Tajimalela Memiliki Tanaman Obat Keluarga dan Rumah Kebun Hidroponik

Written By ANDI on 5 Mar 2015 | 2:19 PM


 
PORTAL-KOMANDO.COM,.-Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Ranting 3 Yonif Mekanis 202/Tajimalela Cabang XI PD Jaya menerima kunjungan dari pengurus Yayasan Kartika Kodam Jaya yang  meninjau Posyandu Bungur I di lingkungan Ranting 3 Yonif Mekanis 202/Tajimalela beserta tim penilai yang diketuai oleh Ny Tari Besar Harto. Kamis (05/03).
 
Tim yang disambut langsung oleh  Ketua Persit KCK Ranting 3 Cabang XI PD Jaya Ny. Vika Wahyu Yudhayana beserta seluruh Kader Posyandu Bungur I Yonif Mekanis 202/Tajimalela bertujuan melaksanakan penilaian atas kondisi fisik, manajemen dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Posyandu
Tajimalela.

Posyandu Bungur I Yonif Mekanis 202/Tajimalela terletak di Kelurahan Bojong Rawa Lumbu, Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi. Kegiatan Posyandu tersebut dilaksanakan pada setiap Hari Jumat Minggu ke-2 setiap bulannya. Tugas kegiatan Posyandu ini antara lain Menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu (Ibu Hamil), Melahirkan dan Nifas, Membudayakan Norma Keluarga Bahagia Sejahtera (NKBS), Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera. Posyandu juga berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera.

Secara teknis Posyandu Bungur I memiliki kegiatan penimbangan Bayi dan Balita, pemberian Imunisasi untuk Bayi dan Balita, pemberian Tablet tambah darah Ibu-Ibu Hamil, pemberian KB pada Pasangan Usia Subur dan Pemberian Makan Tambahan (PMT).

Posyandu memiliki pengurus 13 orang Kader
dan Pengunjung Posyandu Bungur I adalah 187 Balita, 12 orang Ibu Hamil,  dan 2 pasangan usia subur. Layanan Posyandu dilaksanakan dengan sistem 5 meja yaitu:

Meja ​I ​: Pendaftaran
Meja ​II ​: Penimbangan 
Meja ​III ​: Pengisian KMS
Meja ​IV ​: Penyuluhan perorangan berdasarkan KMS
Meja ​V ​: Pelayanan kesehatan berupa:
 
• Imunisasi
• Pemberian vitamin A dosis tinggi.
• Pembagian pil KB atau kondom.
• Pengobatan ringan.
• Konsultasi KB.

Petugas pada Meja I dan IV dilaksanakan oleh Kader PKK sedangkan Meja V merupakan meja pelayanan medis.

Posyandu Bungur 1 Yonif Mekanis 202/Tajimaela juga memiliki tanaman obat-keluarga (TOGA) yaitu  tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga berada pada sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada warga asrama, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Setiap keluarga selanjutnya diharapkan dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan dapat terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan.

Posyandu Bungur I juga memiliki 2 Rumah Kebun Hidroponik yang ditanami  sayur mayur dan 2 buah kolam yang berisi sekitar 2.000 Ikan Mujahir dan Nila berusia 6-7 bulan.
@ANDI
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando