Home » » Kasau Dipastikan Resmikan 5 Pesawat di Museum Pusat TNI AU

Kasau Dipastikan Resmikan 5 Pesawat di Museum Pusat TNI AU

Written By ANDI on 1 Des 2017 | 9:36 AM


Yogyakarta,PK-Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP dipastikan akan meresmikan 5 pesawat Milik TNIAU yakni Cesna 401, Mil Mi-1, Bell 204 iroquois, Bell 47G Soloy,  S-587  T Twin Pack, Minggu, 3/12 di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta.

Kepala dinas Aeronutika TNI Angkatan Udara ( Kadisaeroau ) Marsma TNI Dento Priyono menyampaikan bahwa, penyerahan  5 Pesawat yang menjadi koleksi tambahan di Museum kebanggaan masyarakat Jogja tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada para senior TNI Angkatan Udara yang pernah berjuang menegakkan kedaulatan udara Indonesia. 
 
Nilai-nilai kejuangan para senior TNI Angkatan Udara, khususnya para penerbang dan teknisi pesawat  Cesna 401, Mil Mi-1 , Bell 204 Iroquois, Bell 47G Soloy,  dan S-587  T Twin Pack, dalam mengoperasikan pesawat adalah layak untuk diwariskan dan diketahui oleh generasi penerus TNI Angkatan Udara khususnya dan masyarakat pada umumnya. Selain itu selama berkiprah di TNI Angkatan Udara, kelima pesawat tersebut telah  menorehkan tinta emas di berbagai medan operasi sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Menurutnya, sesuai arahan Kepala Staf Angkatan Udara dalam kunjungan kerja di museum beberapa waktu Yang lalu,  menyampaikan bahwa secara bertahap TNI AU akan menambah 16 koleksi pesawat-pesawat yang pernah mengharumkan dan berjasa bagi Angkatan Udara. 
 
Saat ini secara bertahap restorasi pesawat – pesawat tetap dilakukan termasuk yang akan datang diantaranya Cureng, C 130 Herkules, Ilyushin-14 Avia, Fokker 27, Hawker hunter F-4 dan lain sebagainya, papar Marsma TNI Dento Priyono.

Sementara Kepala Penerangan Lanud Adisutjipto Letkol Sus Gyanto ditengah-tengah persiapan peresmian pesawat tersebut menyampaikan bahwa TNI AU terus berupaya untuk menambah koleksi pesawat di Museum. Harapan pimpinan TNI AU,  Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala dalam perkembanganya akan menjadi museum terbesar Dunia.

“Selain itu, TNI AU sengaja menempatkan koleksi pesawat- pesawat tersebut di museum pusat TNI AU Dirgantara Mandala  dengan harapan generasi penerus dapat melihat secara langsung pesawat yang pernah berkiprah di wilayah udara nasional pada masanya, yang pada saat itu semua dapat dilaksanakan dengan baik dan membanggakan.

Selanjutnya pada saat peresmian 5 Pesawat besuk, KSAU akan menerima piagam penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), Koleksi Pesawat terbanyak. Ini merupakan penghargaan yang pertama oleh TNI  untuk media, langsung dari Ketua Umum MURI Bapak Jaya Suprana, papar Letkol Giyanto
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando