Home » » Generasi Muda Giatkan Cinta Kemaritiman Dengan Berlayar Bersama KRI Dewaruci

Generasi Muda Giatkan Cinta Kemaritiman Dengan Berlayar Bersama KRI Dewaruci

Written By ANDI on 23 Agu 2017 | 9:29 AM

PK,.Surabaya, 22 Agustus 2017 ,.Krisis yang dialami bangsa Indonesia sudah mengarah kepada krisis kepercayaan dan perpecahan bangsa akibat menurunnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai budaya, sehingga pola pikir dan perilaku generasi muda tampak kurang arif dan asosial. 
 
Sebanyak 20 pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) menggiatkan semangat bahari dengan melaksanakan pelayaran dari Jakarta – Surabaya bersama KRI Dewaruci dengan Komandan Letkol Laut (P) Rahardian Rahmadi, S.E., M.Tr. (Hanlan)., dari Pelabuhan JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara. Selasa, (22/08/2017). 

Adapun 20 pelajar yang merupakan siswa-siswa dari SMA Jakarta diantaranya, Delapan siswa SMA 2 Perguruan Cikini, Empat siswa SMA 1 Perguruan Cikini, Dua siswa SMAN 100, dan Enam siswa STIMAR AMI. Dalam pelayaran tersebut para siswa didampingi oleh Kolonel Laut (T) Wahyu Handoyo yang kesehariannya menjabat Koor Sahli Pangarmabar selaku Dosen pendamping Taruna Stimar dan Bpk. Gita Arja Kusuma selaku Koordinator Pelatihan Stimar (AMI). 

Berangkat sejak tanggal 19 Agustus 2017, para siswa mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan lingkungan daratan, karena para siswa tersebut dalam kegiatan ini melaksanakan pembinaan mental karakter menjadi generasi muda bahari yang cinta terhadap dunia kemaritiman. Sebagai seorang prajurit TNI AL khususnya Taruna/Taruni Akademi Angkatan Laut semuanya akan melewati pelatihan di KRI Dewaruci. 

Sebagai dasar pengenalan dan pengetahuan, para siswa selama mengikuti pelayaran menerima penjelasan tentang profil KRI Dewaruci oleh ABK kapal, selain itu disampaikan juga tentang tata tertib di kapal, pengenalan Ilmu Bahari seperti tali menali yang digunakan sebagai alat perlengkapan di kapal, tiup peluit sebagai ciri khas TNI Angkatan Laut dan angkatan laut seluruh dunia yang merupakan penyampaian suatu perintah maupun panggilan yang menggunakan isyarat-isyarat baik di kapal atau pendirat, dan berbagai pelatihan lainnya. 

Pelatihan di kapal Tall Ship KRI Dewaruci merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi siswa-siswa untuk membuka wawasan tentang dunia TNI AL, karena sering kita mendengar Join The Navy to See The World adalah benar adanya. Hal ini terbukti saat Taruna AAL melaksanakan misi Diplomasi dalam muhibah ke negara-negara sahabat, ataupun sebagai prajurit TNI AL dalam melaksanakan misi Perdamaian Dunia dengan KRI melalui Satuan Tugas Maritime Task Force (MTF) UNIFIL di Lebanon.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando