Home » » Lanal Cirebon Gelar Bhakti Sosial Operasi Katarak Gratis

Lanal Cirebon Gelar Bhakti Sosial Operasi Katarak Gratis

Written By ANDI on 2 Sep 2016 | 2:21 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-Cirebon, 01 September 2016, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon yang merupakan salah satu Pangkalan dibawah jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) dengan Komandan Letkol Laut (P) Tarus Rostiyadi, dalam hal ini Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon bekerjasama dengan PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Cabang Jawa Barat menggelar Bhakti Sosial Operasi Katarak Gratis Tahun 2016 bagi masyarakat Desa Pesisir yang kurang mampu khususnya di wilayah kerja Lanal Cirebon. 
 
Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan rangkaian Bhakti Sosial dalam rangka Memperingati HUT TNI AL Ke – 71 Tahun 2016 yang dilaksanakan di Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon Jl. Sisingamangaraja No. 45 Kota Cirebon.

Dalam sambutannya Danlanal Cirebon menyampaikan bahwa kegiatan Bhakti Sosial Operasi Katarak Gratis yang dilaksanakan ini merupakan program kerja Lanal Cirebon Tahun 2016 bidang pembinaan potensi maritim dan bekerjasama dengan PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk khususnya di wilayah Cirebon, yang mana kerjasama ini merupakan bagian dari MOU Sido Muncul dengan TNI Angkatan Laut untuk 2.000 mata. Sebagai wujud kepeduliannya Lanal Cirebon menggelar Bhakti Sosial secara nyata, guna mendukung program Pemerintah dalam rangka membantu mengurangi jumlah penderita buta katarak di Indonesia sesuai dengan pencanangan yang dilakukan pada 15 Januari 2015 oleh Pemerintah RI untuk pembangunan yang berkualitas dibidang kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu, sehingga dapat memberikan dampak positif untuk terbangunnya kondisi kesehatan masyarakat yang lebih baik.

TNI AL dalam hal ini Lanal Cirebon memfasilitasi mendekatkan pasien dengan tempat berobat, yang selama ini pasien terkendala dengan jarak, sarana dan biaya, kali ini Lanal Cirebon memfasilitasi pasien dengan menjemput kerumah-rumah dan mengantar ketempat berobat serta mengantar kembali pasien pasca operasi. Disamping itu kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai wahana meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat yang merupakan pilar kekuatan bangsa yang besar dan kita senantiasa harus membina solidaritas kebersamaan untuk menciptakan kondisi persatuan dan kesatuan nasional yang harus terus tetap dipertahankan dan ditingkatkan.

Danlanal Cirebon berharap kegiatan ini bisa terus terlaksana secara berkelanjutan hal ini karena semakin banyaknya dukungan yang diberikan oleh masyarakat maupun lembaga dan organisasi masyarakat yang bertujuan membantu mengurangi jumlah penderita katarak di Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Cirebon yang diwakili oleh Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Bapak Dana Kartiman, Kadiskes Kota Cirebon diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Kota Cirebon Ibu dr. Hj. Laelan, Perwira Staf Lanal Cirebon dan tim pendukung dari Prajurit Lanal Cirebon, Direktur PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk diwakili oleh Media Relations Manager Ibu Sri Wahyuni, Deputi General Manager Medic Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon Ibu dr. Nurjaty dan undangan lainnya.

Sedangkan untuk jumlah pasien yang sudah terdaftar dalam kegiatan Bhakti Sosial ini berjumlah 154 orang, namun setelah diadakan screening oleh Puskesmas di wilayah tempat tinggal pasien didapat hanya 80 orang dan selanjutnya diadakan screening akhir atau yang layak untuk dilakukan operasi di Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon didapat hanya 54 orang. Disela-sela acara kegiatan Bhakti Sosial Operasi Katarak ini, telah dilaksanakan Pemberian Produk secara simbolis dari PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk kepada 5 orang perwakilan pasien dan diakhiri dengan meninjau secara langsung Operasi Katarak.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando