Home » » Danramil dan Muspika Kecamatan Sepulu Bangkalan, Hadiri Tradisi Rokat Tase’

Danramil dan Muspika Kecamatan Sepulu Bangkalan, Hadiri Tradisi Rokat Tase’

Written By ANDI on 30 Agu 2016 | 9:35 AM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-Bangkalan,- Komandan Koramil (Danramil) 16/Sepulu jajaran Kodim 0829/Bangkalan Kapten Inf M Yusron beserta Muspika dan masyarakat Kecamatan Sepulu menghadiri acara rokat tase’ di Desa Nelayan Kecamatan Sepulu , Kabupaten Bangkalan.

Tradisi selamatan rokat tase’ terus dilestarikan masyarakat pesisir pantai utara (pantura). Tak terkecuali di Dusun Lebak Barat, Desa/Kecamatan Sepulu, Bangkalan. Kurang lebih 1500 warga berkumpul mengikuti selamatan yang diadakan tiap tahun tersebut.

Menurut Ketua panitia, Choliq Noor, Rokat tase’ dilakukan setiap tahun. Tradisi tersebut wajib dilakukan untuk mensyukuri hasil bumi dan laut yang melimpah dari Allah. ”Tujuan rokat tase’ ini agar nelayan selamat saat melaut dan mempunyai tangkapan ikan yang melimpah,” ucapnya.

Rokat tase’ merupakan tradisi budaya pesisir. Rokat tase’ bukan sesajen dan penyembahan kepada laut, namun merupakan sebuah tabaruk. ”Rokat tase’ sebagai manifestasi rasa syukur atas nikmat yang telah Allah berikan,” ucap dia.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando