Home » » Gelar Pasukan dalam rangka Memperingati Hari Lahirnya Pancasila Di Trenggalek

Gelar Pasukan dalam rangka Memperingati Hari Lahirnya Pancasila Di Trenggalek

Written By ANDI on 1 Jun 2016 | 4:20 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-Trenggalek, Bertempat di alun-alun Kabupaten Trenggalek telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Memperingati Hari Lahirnya Pancasila bertindak sebagai Inspektur Upacara Sekda Kabupaten Trenggalek Ali Mustofa, Komandan Upacara dijabat oleh Danramil 0806/01 Kota Kapten Inf Rabunondo, Perwira Upacara Pasimin Kodim 0806/Trenggalek Kapten Caj. Imam Ansori, Pembaca UUD 1945 oleh Serma Agus Suyanto anggota Koramil 0806/01 Trenggalek dan Pembaca Do'a oleh Kesra Kab. Trenggalek Drs. Adif Masruri. Apel gelar dihadiri sekitar 400 orang.Rabu(1/5/16)
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kab. Trenggalek Drs. Ali Mustofa, Kasdim 0806/ Trenggalek Mayor Inf Misirin, Ka. Minvet Trenggalek Mayor CHB Ediyono, Waka Polres Trenggalek Kompol Kuswara, Kabag Ops Polres Trenggalek Kompol Mukalam, Ka Gupusmu Lettu CPL. Arif, Kasat Pol PP Trenggalek Triyadi Atmono dan SKPD se-Kabupaten Trenggalek.
 
Sedangkan susunan upacara yaitu 1 SSK Kodim 0806/Trenggalek, 1 SST Gabungan Bapras, 1 SSK Polres Trenggalek, 1 SST FKPPI, 1 SST Satpol PP Trenggalek, 1 SST ASN Kodim 0806/ Trenggalek, 1 SST Mahasiswa dan 2 SSK Pelajar SLTA.
 
Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan Irup intinya adalah Pemerintah Indonesia telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari kelahiran Pancasila sebagai bentuk penghormatan kepada para pendahulu pendiri bangsa dan sekaligus meneguhkan hati kita terhadap eksistensi Pancasila, gagasan Bung Karno tentang Dasar Negara yang disampaikan didepan sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tgl 1 Juni 1945 oleh Ir. Sukarno diberi nama Pancasila, menjadi titik awal bahwa Pancasila diakui sebagai dasar dan ideologi negara sehingga tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari kelahiran Pancasila, kita sebagai generasi penerus perlu menaruh rasa hormat dan bangga terhadap para pendahulu pendiri bangsa terutama yang tergabung dalam PPKI, kita akan terus meyakini saat ini dan diwaktu yang akan datang bahwa Pancasila tetap menjadi solusi bagi bangsa Indonesia, untuk itu kepada seluruh Prajurut dan PNS TNI dimanapun bertugas dan berada Pancasila bukan untuk dipelajari dan dihafalkan tetapi Pancasila harus diamalkan dan diterapkan agar dalam sikap, tuturkata dan perbuatan sehari - hari tercermin nilai - nilai Pancasila. (Tim/Penrem081)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando