Home » » Babinsa Bersama Pol PP Kec Kencong Pembersihan Rumah Yang tetimpa Bencana Putting Beliung

Babinsa Bersama Pol PP Kec Kencong Pembersihan Rumah Yang tetimpa Bencana Putting Beliung

Written By ANDI on 31 Mar 2016 | 6:38 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-JEMBER,.-Pada Rabu 30/03 Pukul 14.00 Wib Dsn Ponjen di RT 01 RW.23 Ds Kencong Kec Kencong Kab Jember terjadi hujan yang tidak terlalu lebat tetapi disertai anging putting beliung, sekitar 38 rumah warga mengalami rusak ringan dan rusak berat, namun dalam kejadian tersebut korban jiwa nihil. 

Kontan beberapa jam kemudian Muspika Kencong beserta unsurnya mengecek lokasi kejadian dan berdialog dengan masyarakat yang sedikit agak kepanikkan usai terjadinya angin putting beliung tersebut, tampak beberapa rumah warga yang gentengnya runtuh oleh amukan putting beliung. 

Pada Kamis 31/03 pukul 12.30 Wib Wakil Bupati Jember Drs A Muqit Arief mendatangi tempat kejadian didampingi oleh segenap Muspika Kencong dan memberikan bantuan secara simbolis kepada masyarakat yang tertimpa bencana. 

Komandan Koramil 0824/18 Kencong Kapten Inf Pujianto saat kami konfirmasi bersama Dinas PU, BPBD dan Satpol PP saat mengadakan upaya pembersihan rumah dari reruntuhan atap dan lain-lain menjelaskan bahwa dalam waktu dekat akan kita adakan kerja bakti. 

Saat ini sedang kita bersihkan dulu TKP nya sambil memperhitungkan kebutuhan apa saja untuk langkah-langkah perbaikannya melalui karya bakti nanti, tadi Bapak Wakil Bupati juga menyampaikan agar segera dilaksanakan pendataan kebutuhan untuk segera diadakan perbaikan. 

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, S.I.P saat kami konfirmasi menyampaikan keprihatinannya kepada korban angin putting beliung, dan menghimbau kepada masyarakat untuk tenang dan bersabar. 

Kami ditingkat Forkopinda telah berkoordinasi untuk mengadakan langkah-langkah perbaikan secepatnya, terkait dengan langkah awal tentunya Danramil beserta anggota Koramil 0824/18 Kencong sudah saya perintahkan untuk berkoordinasi dengan unsur BPBD dan unsur terkait lainnya dilapangan dalam membantu penanganan awal. 

Lebih lanjut Muhammad Nas menyampaikan kita tinggal menunggu laporan dari bawah terkait kebutuhan material dan personel dalam upaya perbaikkan rumah-rumah yang rusak tersebut, karena dari 38 rumah yang terdampak rupanya ada 11 rumah yang rusaknya agak berat. 

Saat kami singgung terkait dengan peran Kodim 0824 Muhammad Nas menegaskan Kodim 0824 tentunya sifatnya hanya membantu percepatan penanganan oleh BPBD dan unsur terkait sehingga masyarakat dapat segera menjalankan rutinitas hidupnya seperti biasa, hal tersebut sesuai UURI No 34 Tahun 2004 Pasal 7 ayat 2 tentang tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang diantarnya membantu penanggulangan bencana alam. (sis24) 





Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando