Home » » Anggota Denma Brigif-20/IJK Mengisi Pelajaran Dengan Materi Pioneer Tali Temali

Anggota Denma Brigif-20/IJK Mengisi Pelajaran Dengan Materi Pioneer Tali Temali

Written By ANDI on 24 Sep 2015 | 4:49 PM

PORTAL-KOMANDO.COM,.Timika – (22/09). Pioner atau biasa disebut dengan pekerjaan tali temali merupakan suatu pekerjaan zeni yang dapat dilakukan oleh prajurit biasa secara terbatas, baik itu secara individu perorangan maupun dalam hubungan perkelompok untuk membuat tali temali, mendirikan tenda, membuat jembatan dan kegiatan lain yang bisa mendukung dalam pelaksanaan tugas sesuai kebutuhan yang dilapangan. Sedangkan pengertian dari tali temali adalah kegiatan untuk membuat simpul, jerat dan ikatan yang menunjang kegiatan dalam tugas dilapangan. 

Tali temali tersebut terbagi dalam 3 bagian besar yaitu: simpul adalah hubungan antara dua utas tali atau antara tali dengan tali. Jerat adalah hubungan antara sebuah benda dengan tali dan ikatan adalah hubungan antara dua buah benda atau lebih dengan bantuan pertolongan tali.
Untuk mengisi kegiatan keterampilan tersebut anggota Denma Brigif-20/IJK pagi ini melaksanakan kegiatan pioneer tali temali dengan materi berbagai simpul dan jerat. Yang mengisi materi pelajaran tersebut adalah Bintara jasmani Denma Brigif-20/IJK Sertu Agus Santoso yang diikuti sekitar 35 personel. 

Kegiatan ini sangat berguna di medan lapangan sebagai prasarana untuk membuat tenda dihutan, mengikat tawanan kamp dan juga membuat tandu buatan darurat. Kegiatan pelajaran ini selesai dalam keadaan aman, tertib dan terkendali. (Pendam 17 Cend).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando