Home » » Test Samapta Sisakan 381 Catar Sekaligus Berhak Ikuti Test MI

Test Samapta Sisakan 381 Catar Sekaligus Berhak Ikuti Test MI

Written By ANDI on 25 Mei 2015 | 4:49 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-Surabaya, (25/5).Tahapan seleksi Calon Taruna Akademi TNI 2015 terus memakan korban, dari 587 peserta yang ikut pada tahap Kesegaran Jasmani (Garjas), hanya 381 orang peserta saja yang dinyatakan lulus oleh Panitia Daerah Surabaya Penerimaan Taruna/Taruni Akademi TNI tahun 2015 yang digelar di Stadion Jala Krida Mandala, Bumimoro, Surabaya beberapa waktu lalu.
 

Dari 381 Calon Taruna (Catar) yang dinyatakan lolos Test Garjas ini terdiri dari 361 pria dan 20 orang wanita. Ke- 381 Catar tersebut, kini tengah menjalani Test Mental Idiologi (MI) tertulis yang digelar di Gedung Serba Guna, Markas Komando Pangkapan Utama TNI AL V (Mako Lantamal V), Surabaya, Senin (25/5)
 
Pada Test Garjas lalu yang diikuti 587 peserta tersebut, para peserta test telah mendapatkan hak yang sama untuk mempertunjukan kemampuannya masing-masing dilintasan lari Stadion Jala Krida Mandala selama 12 menit. Banyak diantara peserta yang mampu melakukan lari sebanyak 6 putaran (sejauh 2.400 meter) atau lebih, namun tidak sedikit yang kurang dari itu.
 
Lari dalam test Garjas merupakan Baterai A, di test Baterai B yang terdiri dari fullup, Shitup, pushup, dan lari angka delapa ini juga peserta diberikan waktu dan kesempatan yang sama bagi masing-masing peserta untuk melakukannya. Menginjak ke baterai C Test Renang, para peserta berpindah ke Kolam Renang Jala Krida Tirta yang berlokasi tidak jauh dari Stadion Jala Krida Mnadala.
 
Pada test Renang ini, peserta hanya diuji untuk berenang menempuh jarak 25 meter dan diberi kebebasan untuk menggunakan gaya renang yang sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta, namun catatan waktu tiap peserta juga bisa mempengaruhi nilai yang dibubuhkan tiap peserta test.
 
“Test Garjas telah berhasil dilewati, kini mereka dihadapkan pada test MI yang juga sangat menentukan kelulusan para peserta test, di test ini akan diketahui bagai mana mental dan idiologi calon taruna ini, apakan merah putih, kiri atau kanan,” terang Ketua Panda Surabaya Penerimaan Calon Taruna/Taruni Akademi TNI tahun 2015 yang juga Danlantamal V Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah disela peninjauan Test MI.
 
Test MI ini lanjutnya akan berangsung hingga Rabu mendatang. Mereka akan menjalani test tertulis dan test wawancara. Test Wawancara untuk hari ini akan diikuti oleh 130 peserta (110 pria dan 20 calon taruni), untuk besok Selasa akan diikuti 130 dan Rabu mendatang dijadwalkan test untuk 121 sisanya.
 
“Peserta yang dinyatakan lulus Test MI, maka mereka akan lanjut untuk test berikutnya yakni Test Psikologi,” terangnya.
 
Mengngat proses test yang masih panjang, Orang Nomor satu dijajajran Lantamal V ini mengingatkan pada peserta test untuk senantiasa menjaga kondisi kesehatan, dan berdoa kepada Tuhan YME untuk diberi kekuatan, kesabaran dan kelancaran selama proses seleksi berlangsung.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando