Home » » Kebun Tani Yonif Mekanis-203/Arya Kamuning

Kebun Tani Yonif Mekanis-203/Arya Kamuning

Written By ANDI on 4 Mar 2015 | 2:02 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.“Mensejahterahkann anggota/prajurit TNI (Tentara Nasional Indonesia), tidak selalu dengan menaikkan gaji atau tunjangan, namun bisa dilakukan dengan kegiatan yang Produktif. Apalagi di saat harga sembako yang semakin naik, membuat Prajurit harus pintar-pintar mengatur keuangan keluarga”.

Hal inilah yang dilakukan prajurit Batalyon Infanteri Mekanis-203/Arya Kemuning (Yonif Mekanis-203/Arya Kemuning) yang merasakan mamfaat dari menanam sayuran dan buah-buahan yang di lahan Kompleks markas Yonif Mekanis-203/Arya Kemuning (AK), dengan mengambil hasil panen dari tanaman sayuran dan buah-buahan setiap beberapa bulan sekali.
 
“Kegiatan menanam sayuran ini, karena saya terinspirasi memamfaatkan lahan kosong seluas 50 meter x 30 meter dan 10 meter x 30 meter yang ada di kompleks markas kami (Yonif Mekanis-203/AK), yang di mulai penanaman sayur ini pada Juli 2014, sebelum adanya program ketahanan pangan yang digalakkan oleh bapak Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Jenderal Gatot Nurmantyo pada Desember 2014 lalu. Saya tidak menyangka dengan lahan tanaman sayuran yang sedikit ini, dapat menghasilkan yang lebih untuk anggota,” Tegas Komandan Yonif-Mekanis-203/AK Mayor Inf Slamet Supriyanto di kompleks markas Yonif Mekanis-203, Tangerang, Provinsi Banten, Rabu (4/3).
 
Tanaman sayuran dan buah yang sudah ditanami oleh prajuritnya lanjut Mayor Inf Slamet Supriyanto, adalah Cabe, Terong, Sawi, Kacang panjang, Jagung, Pepaya dan lainnya. Menurut Komandan Yonif Mekanis-203/AK (Danyonif Mekanis-203/AK), untuk mendapatkan hasil menanam sayuran tidaklah mudah, karena prajurit mengalami kegagalan, baik yang pertama, maupun yang kedua kalinya,. Maklumlah, karena mereka belajar pertanian secara otodidak.
 
Namun berbekal kemauan yang keras dan juga bekal ilmu pelatihan pertanian yang diterima prajurit, akhirnya prajurit bisa menikmati hasil tanaman sayuran/buah yang sudah beberapa kali panen sampai sekarang. Bahkan prajuritnya berbaur dengan Babinsa dan Danramil, juga mendapat pembekalan pelatihan pertanian yang diadakan di Kabupaten Bekasi baru-baru ini, sehingga menambah wawasan pertanian yang diterima oleh prajuirt Yonif Mekanis-203/AK.
 
“Panen sayuran/buah ini merupakan buah kerja keras anggota/prajurit. Yang juga menikmati adalah anggota, bisa dikatakan usaha ini adalah dari prajurit, oleh prajurit dan untuk prajurit Yonif Mekanis-203/AK,” Terang Danyonif Mekanis 203/AK.
 
Lebih lanjut Danyonif Mekanis-203/AK menginstruksikan prajuritnya untuk menanam sayuran di masing-masing pekarangan rumah prajurit, yang berada di komplek markas Batalyon tersebut dan hasilnya prajurit tidak kaget lagi dengan adanya kenaikan harga sayuran, karena keluarga prajurit tinggal memetik sayuran seperti cabe di pekarangan rumah mereka.
 
“Kami juga akan membelikan alat traktor bajak tanah untuk meningkatan kualitas hasil pertanian, termasuk menyediakan lahan yang baru, dan untuk anggaran tersebut kami dibantu oleh Dinas Pertanian Kota Tangerang,” jelas Mayor Inf Slamet Supriyanto.
 
Ke depan tambah Danyonif Mekanis-203/AK, pihaknya akan membuat tiga Green house pada dengan masing-masing lahan seluas 6 meter x 9 meter untuk lahan pertanian dengan cara hidroponik. @ANDI
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando