Home » » Unsur Kolinlamil KRI Teluk Parigi 539 Uji Terampil Glagaspur L-1

Unsur Kolinlamil KRI Teluk Parigi 539 Uji Terampil Glagaspur L-1

Written By ANDI on 28 Feb 2018 | 4:33 PM



Jakarta, 28 Pebruari 2018 --- Salah satu unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Teluk Parigi 539 melaksanakan uji Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat L-1 yang dilaksanakan diatas kapal di Dermaga Semampir, Surabaya, Rabu (28/2).


Menurut Asisten Operasi Pangkolinlamil (Asops) Kolonel Laut (P) Bambang Irawan bahwa sebelum melaksanakan latihan Glagaspur tingkat I, KRI teluk parigi 539 telah melaksanakan beberapa rangkaian pelatihan dalam menyiapkan geladi tugas tempur tingkat 1 triwulan pertama tahun 2018.

Penyiapan uji kemampuan geladi tugas tempur tingkat-1 dilaksanakan selama satu bulan yang meliputi teori, dril-dril pos tempur secara parsial maupun gabungan, dan latihan peran-peran secara menyeluruh.

Pada akhir pelatihan, para peserta diwajibkan mengikuti uji terampil 1 yang meliputi uji tulis dan uji terampil latihan peran-peran.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan serta profesionalisme prajurit dalam mengawaki peralatan maupun persenjataan KRI” terang mantan Komandan Satlinlamil Surabaya ini.

Sementara itu Komandan KRI Teluk Parigi 539 Mayor laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr. (Hanla) menekankan kepada prajuritnya untuk melaksanakan latihan sesuai prosedur tetap yang ada dan penuh semangat.

“Laksanakan semua kegiatan sesuai prosedur dengan penuh semangat. Tetapi perhatikan masalah keamanan. Anggap latihan ini seperti keadaan sebenarnya agar kemampuan prajurit lebih meningkat terutama dasar-dasar kemampuan personel dan peralatan kapal” tegas Komandan.

Dalam uji tulis kali ini, seluruh prajurit wajib mengikuti meliputi semua bidang profesi baik kepelautan, permesinan, perbekalan maupun persenjataan. Dan dilanjutkan dengan uji terampil seperti peran persiapan kapal berlayar dan bertempur hingga kapal melaksanakan pendaratan/ beaching. Disamping itu pula, saat lintas laut menuju daerah operasi, tim memberikan persoalan-persoalan seperti peran kemudi macet, peran cuaca buruk, peran orang jatuh di laut, peran pemeriksaan dan pennggeledahan, peran tempur, peran kebakaran hingga peran kebocoran yang tidak dapat diatasi sampai dengan peran peninggalan.

Para prajurit tampak melaksanakan latihan yang diberikan oleh tim uji kolatarmatim dengan penuh semangat. Usai latihan, Evaluasi dilaksanakan oleh tim Kolatarmatim dengan memberikan saran agar prajurit KRI Teluk Parigi 539 lebih semangat dan profesional guna menghadapi tantangan tugas-tugas yang akan datang.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando