Home » » Operasi Katarak Gratis Bakti Sosial TNI Bekerjasama Dengan Kemenkes RI Dimulai Hari Ini

Operasi Katarak Gratis Bakti Sosial TNI Bekerjasama Dengan Kemenkes RI Dimulai Hari Ini

Written By ANDI on 30 Nov 2017 | 5:26 PM



Jember. Dilaksanakannya operasi gratis bagi penderita katarak pada setiap tahunnya seolah tidak mengurangi penderita katarak yang mendaftar, hal tersebut menandakan banyaknya penderita katarak di Kabupaten Jember dan sekitarnya.

Pada operasi katarak hari ini Kamis 30/11/2017 mulai pukul 07.00 baik di Rumah Sakit Baladhika Husada (DKT) Jember maupun di Rumah Sakit Bina Sehat Jember pelaksanaan operasi hingga berita ini diturunkan masih berjalan.

Di Rumah Sakit (RS) Baladhika Husada hari ini menyelesaikan 49 orang pasien, sedangkan di RS Bina Sehat menyelesaikan sekitar 70 orang pasien yang masing-masing berasal dari berbagai desa di Kabupaten Jember.

Penangan operasi gratis yang dilaksanakan di Jember melibatkan 8 orang dokter specialis mata diantaranya Kolonel Ckm dr Bambang Subandono, Sp.M (RSPAD Gatot Subroto Jakarta), Kolonel Ckm dr M Irsan, Sp.M (Kesdam I/Bukit Barisan), dr Indra Syarief (ASN Kemhan), dr Retno Unggul Hapsari, Sp.M, dr. Astrianda N Suryono, Sp.M, (K), dr Lutfi Zeni, Sp.M, dr Bagas Kumara, Sp.M, dr Ewanda Fredy, Sp.M.

Operasi katarak gratis yang dilaksanakan ini merupakan merupakan program Bakti Sosial TNI yang bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang bertujuan menurunkan kebutaan yang diakibatkan oleh katarak di Indonesia.

Seperti yang disampaikan P Rosidi pasien katarak warga Kaliwates yang menyampaikan bahwa dirinya mengetahui operasi gratis ini dari Babinsa selanjutnya setelah didaftar dirinya menjalani screening dan dioperasi hari ini, tanggapan masyarakat penderita katarak rata-rata menyampaikan terima kasih kepada TNI dengan dilakukannya opersi ini secara gratis.

Keberadaan pasien-pasien tersebut baik saat screening maupun pada pelaksanaan operasinya kali ini memang selalu didampingi Babinsa hal ini tentunya sebagai konsekuensi Babinsa selaku relawannya dan yang mendaftarkan warganya sehingga memudahkan kalau terjadi kekurangan data administrasi dan lain-lain.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto menyampaikan terima kasih kepada Tim Dokter yang menangani operasi gratis kali ini, Bakti Sosial TNI yang dilaksanakan saat ini merupakan kerjasama Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad) dengan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Sekali lagi saya atas nama masyarakat Jember tentunya menyampaikan terima kasih, hal ini sangat membantu sekali bagi masyarakat penderita katarak di Kabupaten Jember. (sis24)



Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando