Home » » 10 Kali Juara Umum Lomba Tembak AASAM, Kemampuan Militer TNI AD Disegani di Kawasan Asia Pasifik

10 Kali Juara Umum Lomba Tembak AASAM, Kemampuan Militer TNI AD Disegani di Kawasan Asia Pasifik

Written By ANDI on 30 Mei 2017 | 3:14 PM

PK,.JAKARTA,.Selasa,(30/5),.Kemampuan militer Tentara Nasional Indonesia khususnya Angkatan Darat mendapat apresiasi dan disegani di kawasan negara-negara di Asia Pasifik akibat torehan prestasi yang dimilikinya pada ajang lomba tembak Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) 17 tahun 2017 di Puckapunya, Australia. Tidak tanggung-tanggung torehan prestasi yang dimilikinya berupa sabetan gelar juara umum 10 kali berturut-turut sejak tahun 2008 sampai sekarang.
 
Hal ini diungkapkan Kepala staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono saat menerima laporan kembalinya kontingen TNI AD yang telah selesai mengikuti lomba, Selasa (30/5/2017) di Aula Serba Guna Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta.
 
Dalam kesempatan itu Kepala staf Angkatan Darat selaku pribadi maupun atas nama seluruh keluarga besar TNI AD mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih kepada kontingen AASAM 2017 sekaligus pemberian bonus kepada seluruh kontingen yang terlibat, khusus kepada petembak terbaik kategori lomba perorangan Serda Woli Hamsan diberikan bonus tambahan berupa hadiah sebuah rumah.
 
Seperti diketahui, lomba tembak tahunan AASAM yang diselenggarakan di Australia, merupakan event lomba tembak angkatan darat berskala internasional yang diikuti negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Lomba ini memiliki nilai yang sangat strategis sebagai ajang unjuk ketrampilan dan kemampuan prajurit Angkatan Darat khususnya dalam menembak.
 
TNI AD telah berpartisipasi dalam lomba tembak AASAM sejak tahun 2005 dan mulai tahun 2008 berhasil menjadi juara umum secara berturut-turut. Pada AASAM 17 tahun 2017 yang diikuti oleh 20 negara ini. 
 
Kontingen TNI AD kembali berhasil mempertahankan juara umum untuk yang ke-10 kalinya dengan perolehan nominal medali 28 emas, 6 perak dan 5 perungu dari 68 medali emas yang diperebutkan. Kontingen TNI AD pada lomba AASAM 2017 ini dipimpin komandan kontingen Letkol Inf. Josep T. Sidabutar dengan 14 orang anggota kontingen.
 
Bukan suatu tugas yang ringan untuk dapat mempertahankan gelar juara umum yang telah diraih selama 10 tahun berturut-turut ini. Terlebih lagi apabila dihadapkan pada situasi dan dinamika selama pelaksanaan lomba di negara lain. Hal ini menunjukkan betapa tangguhnya kontingen petembak TNI AD. Terlebih lagi, pada tahun ini, senjata yang digunakan oleh kontingen TNI AD diproduksi di dalam negeri oleh PT. Pindad.
 
Keberhasilan ini juga membuktikan kepada angkatan darat negara-negara sahabat, bahwa TNI AD terus membangun diri menjadi tentara modern yang profesional menuju World Class Army yang tangguh dan patut dibanggakan rakyat, bangsa dan negaranya. 
 
Kemenangan ini juga menjadi ajang show of force kemampuan prajurit dan alutsista TNI AD yang tidak kalah dengan kemampuan dan alutsista angkatan darat negara lain. Sekaligus menjadi deterrent effect atau daya tangkal yang efektif dalam konteks diplomasi militer internasional.
 
Berdasarkan data perolehan medali dari tahun ke tahun, tuan rumah Australia yang pada AASAM 2016 hanya menduduki peringkat ke-4 dengan 4 medali emas, tahun ini berhasil duduk sebagai runner up dengan 14 medali emas. 
 
Sementara itu jepang yang pada AASAM 2016 hanya meraih 4 medali emas, pada tahun ini berhasil meraih 10 medali emas. Demikian pula , kontingen Filiphina yang meerupakan pendatang baru, berhasil memperoleh 4 emas dan berada di posisi ke-4 klasemen umum. (Andi Srg)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando