Home » » SETUM KOLINLAMIL ADAKAN PENCERAHAN MINU TNI

SETUM KOLINLAMIL ADAKAN PENCERAHAN MINU TNI

Written By ANDI on 22 Feb 2017 | 4:18 PM



Keterangan Foto : Setum Kolinlamil memberikan pencerahan tentang Minu TNI 2017 kepada para Kataud Mako dan Satlinlamil Jakarta serta Komandemen Unsur KRI.

PORTAL-KOMANDO.COM,. (Dispen Kolinlamil). Jakarta, 22 Februari 2017- Sekretariat Umum (Setum) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan pembekalan Administrasi Umum TNI, kepada seluruh para Perwira Tata Usaha (Paur TU), di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (22/2).

Menurut Kepala Sekretariat Umum (Kasetum) Kolinlamil Mayor Laut (KH) Moh. Arief B. S.P, pembekalan tersebut dimaksudkan dalam rangka pencerahan kepada Kepala Tata Urusan Dalam (Kataud) yang meliputi bidang administrasi, tulisan dinas, tata kelola kearsipan baik Mako, Satlinlamil Jakarta dan Komandemen unsur KRI tentang Administrasi Umum TNI 2016.

“Kegiatan ini merupakan pencerahan tentang Administrasi Umum TNI yang meliputi, masalah surat-surat yang sesuai dengan petunjuk minu yang standar TNI, tepat waktu, penulisan huruf, tanggal, tanda tangan, nama pejabat dan alamat yang menjadi tujuan surat. Itu semua harus menjadi perhatian para Kataud ataupun Komandemen di KRI”, ujar Kasetum Kolinlamil

Lebih lanjut Kasetum menekankan kepada para perwira tata usaha di lingkungan Kolinlamil, agar melaksanakan dalam pelaksanaan kegiatan administrasi umum dan tata kelola kearsipan sesuai dengan ketentuan. Seperti juga bidang pencatatan arsip yang harus berpedoman kepada ketentuan yang berlaku.

Selain itu masalah pencatatan arsip harus lengkap yang meliputi buku agenda arsip, buku verbal arsip, buku peminjaman arsip dan kartu arsip.

Hal lain yang menjadi penekanan Kasetum selama pembekalan, yaitu tentang tata cara penyimpanan dan penyusunan arsip yang sesuai dengan ketentuan.

Kasetum menambahkan, bahwa pencatatan arsip merupakan kegiatan pertama dari pengelolaan arsip dengan syarat antara lain, teliti dalam penulisan dan dicatat dalam kolom-kolom tersediri dengan benar, lengkap dan jelas dalam pencatatan.

Sehingga dapat mudah dibaca oleh siapapun, kronologis yang diurutkan sesuai dengan datangnya tulisan dinas, dan bersih tidak boleh membubuhkan apapun dalam naskah tulisan dinas.

Dengan diadakannya pembekalan ini, diharapkan seluruh kegiatan yang bersifat administrasi umum khususnya bidang tata kelola arsip maupun kesekretariatan di lingkungan Kolinlamil, dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan ketentuan administrasi umum TNI, Sehingga ada keseragaman dan keterpaduan dalam pengelolaannya serta dapat meminimalisir apabila ada Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando