Home » » Kolilanmil Akan Tambah 5 Kapal Guna Mendukung Operasionalnya

Kolilanmil Akan Tambah 5 Kapal Guna Mendukung Operasionalnya

Written By ANDI on 1 Feb 2017 | 9:33 AM



PORTAL-KOMANDO.COM,.(1/2),.JAKARTA,.Sebagai Komando Utama (Kotama) di jajaran TNI Angkatan Laut , Komando Lintas Laut Militer (Kolilanmil) memiliki peran sebagai Kotama operasional yang bertugas menyelenggarakan angkutan laut TNI baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). 
 
Disamping itu Kolinlamil juga mengemban tugas dalam rangka bakti TNI membantu menanggulangi bencana alam, pengungsian dan kemanusiaan lainnya serta melaksanakan angkutan laut dalam rangka menunjang program pembangunan nasional. 
 
Untuk menunjang semuanya itu, saat ini Kolilanmil mengoperasikan 13 unsur/KRI dari berbagai type, antara lain type Bantu Angkut Personel (BAP) 2 unsur, type Landing Ship Tank (LST) atau Angkut Tank (AT) 4 unsur, type Frosch 4 unsur, type Bantuan Umum (BU) 1 unsur serta memiliki 2 unsur type Landing Platform Dock (LPD).  
 
Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI I.G Putu Wijamahadi S.H mengatakan ke-13 unsur/KRI tersebut berada di bawah Satuan Komanfo Pelaksana (Kolkabin) yaitu Komando Lintas Laut Militer Jakarta dan Surabaya. "Saat ini kami memiliki 13 unsur, 10 unsur dalam keadaan siap dan operasi dan 3 unsur sedang dalam perbaikan" ujar Pangkolinlamil usai upacara serah terima jabatan  Dansatlinlamil Jakarta, Dansatlinlamil Surabaya serta Irkolinlamil di Makolinlamil, Jakarta, Selasa (31/1) kemarin. 
 
Lebih lanjut dirinya menjelaskan dari 10 unsur yang siap operasi tersebut, saat ini 3 unsur sedang melaksanakan tugas pergeseran pasukan. "Dalam pelaksanaan operasi sepanjang tahun 2016 kemarin, kami telah mendukung pergeseran pasukan ke seluruh wilayah sebanyak 36 kali untuk Serpas Pamrahwan, pamtas, dan pengamanan pulau terluar" katanya. Pangkolinlamil mengakui dari sebagian unsur yang dimilikinya saat ini sebagian sudah berusia tua dan perlu adanya regenerasi. "Kedepan akan ada penambahan karena sebagian dari unsur kita sudah tua maka akan ada penambahan 5 unsur dari TNI AL untuk mendukung operasional dari Koilanmil terdiri dari 2 unit  LPD dan 3 unit angkut tank" pungkasnya. (AD)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando