Home » » Yuk! Wisata Sambil Belajar Di Kapal Perang Dermaga Tanjung Priok

Yuk! Wisata Sambil Belajar Di Kapal Perang Dermaga Tanjung Priok

Written By ANDI on 18 Okt 2016 | 4:25 PM


 Keterangan Foto : Rombongan SD Al Azhar Kelapa Gading berbaris untuk menaiki KRI Tanjung Kambani 971.

PORTAL-KOMANDO.COM,.Jakarta, 18 Oktober 2016 ------ Pernahkah anda naik kapal perang? jika belum, anda mungkin bisa mencobanya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakut. Deretan kapal perang yang selalu siaga menjaga lautan RI siap menerima kunjungan masyarakat. Bukan hanya berwisata tapi juga belajar.

Seperti rombongan anak-anak sekolah, mulai dari anak TK sampai tingkat perguruan tinggi, maupun masyarakat umum, baik yang berasal dari wilayah Jabodetabek maupun dari luar Jabodetabek silih berganti memasuki Mako Kolinlamil untuk mengunjungi sejumlah kapal perang TNI AL yang berada di bawah pembinaan Kolinlamil tersebut.

Kali ini SD Al Azhar Kelapa Gading berkunjung ke KRI Tanjung Kambani 971 yang berbaris pertama dari deretan empat kapal perang Kolinlamil yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (18/10).

105 siswa siswi SD Al Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara dengan didampingi 15 orang guru ini berwisata edukasi ke KRI Tanjung Kambani 971 yang dikomandani Letkol Laut (P) Fajar Hernawan dengan tujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan kepada para siswanya tentang Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki kekuatan Angkatan Laut.

“Kami ingin memberikan wawasan pengetahuan kepada siswa-siswi sekolah kami tentang negara kita yang merupakan negara maritim yang memiliki kekuatan TNI Angkatan Laut dengan kapal-kapal perangnya” ujar Dra. H. Ida Rospita, M.Si. yang Kepala Sekolah SD islam Al Azhar Kelapa Gading ini.

Frekuensi kunjungan semakin meningkat manakala liburan sekolah tiba. Masyarakat umum maupun dari sekolah memanfaatkan momen ini mengunjungi Kolinlamil yang mempunyai tugas pokok sebagai pembina tunggal (Anglamil) Angkutan Laut Militer. Mereka umumnya berwisata pendidikan di kapal perang untuk mengisi liburan.

Keberadaan unsur kapal perang Kolinlamil ini terdiri dari jenis Bantu Angkut Personel (BAP), Landing Ship Tank (LST), Bantu umum (BU) dan Landing Platform Dock (LPD) ini, telah menarik minat masyarakat umum untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat akademisi. Mereka mengadakan kegiatan perkuliahan lapangan yang berhubungan dengan dunia kebaharian dan masalah keamanan laut serta penegakan hukum di laut.

Untuk tingkat anak-anak play group dan TK maupun sekolah lanjutan, pada umumnya kegiatan kunjungan ke kapal perang Kolinlamil ini dimaksudkan sebagai salah satu program field trip ke tempat-tempat yang bernilai sejarah dan mengandung nilai edukasi. Ada juga yang berwisata untuk mengisi liburan sekolah dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan menambah wawasan.

Dalam setiap kunjungan siswa sekolah, unsur-unsur kapal perang jajaran Kolinlamil telah menyiapkan paket kegiatan. Mulai dengan pengenalan secara umum tentang tugas TNI AL dan Kolinlamil, garis besar kapal perang yang dikunjungi, yang meliputi tugas pokok, negara asal pembuat sampai dengan spesifikasi teknis kapal perang bersangkutan yang disampaikan oleh perwira KRI.

Rombongan siswa-siswi SD Al Azhar Kelapa Gading dalam kunjungan tersebut diberi kesempatan untuk menonton film yang berisi rekaman kegiatan maupun profil yang berkaitan dengan kegiatan TNI AL dan Kolinlamil, serta kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan tugas-tugas TNI AL sebagai penegak kedaulatan dan hukum di perairan yurisdiksi nasional Indonesia. Selain juga akan diajak berkeliling melihat seluruh bagian kapal KRI Tanjung Kambani 971.


Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando