Home » » Lanal Bali Uji Coba Searider Baru di Perairan Benoa

Lanal Bali Uji Coba Searider Baru di Perairan Benoa

Written By ANDI on 3 Mar 2016 | 11:13 AM

PORTAL-KOMANDO.COM,.-Denpasar, (2/3),-Pangkalan TNI AL (Lanal) Bali, Lantamal V melaksanakan uji coba fasilitas patroli laut berupa Searider RIB 7,5 dari Dinas Perbekalan Angkatan Laut (Disbekal) yang diproduksi oleh PT. Lundin Banyuwangi di perairan pelabuhan Benoa, Bali, Rabu (2/3).
 
Menurut Komadan Lanal Bali, Lantamal V Kolonel Laut (P) Bambang, salah satu tugas Pokok Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bali, Lantamal V adalah melaksanakan patroli keamanan laut dalam rangka menjamin terwujudnya situasi kondusif di perairan wilayah kerja Lanal Bali. Penambahan fasilitas ini diharapkan bisa mengoptimalkan tugas dan perang Lanal Bali dalam patroli keamanan laut di wilayah kerjanya.
 
Untuk melihat kemampuan fasilitas patroli bari tersebut, Searider itu diuji cobakan pengoperasianya oleh PT. Lundin yang diikuti beberapa perwira lanal Bali, Pasminlog, Kasiopslat, Kasatbek dan pengawak Sea Rider dari Lanal Bali di Perairan Benoa Bali sebelum diserahkan ke Pihak Angkatan Laut dalam hal ini Lanal Bali.
 
Kegiatan uji coba tersebut dilaksanakan dengan mengelilingi Perairan Pelabuhan Benoa sekitar satu jam dengan tingkat kecepatan dari rendah sampai kecepatan maksimal. Keunggulan Searider adalah memiliki kecepatan dan kelincahan untuk mendekati sasaran, sehingga sangat cocok digunakan untuk mendukung kegiatan patroli dalam rangka mengeliminir berbagai aksi kejahatan di laut.
 
Secara geografis lanjut Bambang, wilayah kerja Lanal Bali berada pada posisi yang dinilai sangat strategis karena merupakan perairan yang ramai dilalui oleh kapal-kapal berbagai jenis baik domestik maupun asing, militer maupun sipil. Kondisi ini di mungkinkan terjadinya berbagai aksi pelanggaran di laut dan berpotensi timbulnya kerawanan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan pertahanan negara.
 
Dengan banyaknya kegiatan protokoler yang dilaksanakan di Bali dan banyaknya tamu-tamu asing yang datang ke Pulau Dewata ini, tidak menutup kemungkinan adanya banyak kerawanan dan tindakan kejahatan yang datangnya dari arah laut dan semua itu adalah tugas dan tanggung jawab dari Lanal Bali sebagai unsur keamanan laut.
 
“Dengan tambahan fasilitas baru ini jelas membah kekuatan dan diharapkan pengamnan diwilayah kerja Lanal Bali akan lebih optimal dan terjamin,” pungkasnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando