Home » » SURVE CETAK SAWAH 2016 DI KABUPATEN SORONG WILAYAH KODIM 1704/SORONG

SURVE CETAK SAWAH 2016 DI KABUPATEN SORONG WILAYAH KODIM 1704/SORONG

Written By ANDI on 28 Jan 2016 | 10:09 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-Menindak lanjuti hasil rapat koordinasi cetak sawah 2016 di Aula Praja Vira Tama Makorem 171/PVT. Aster Kasdam XVII/Cen Kolonel Inf Widjanarko, Kazidam XVII/Cen Kolonel Czi Sujadi, Kabid PSP Provinsi Papua Barat Ir Hamjah Mokoginta, Pabung Kab Sorong Mayor Inf Puguh P, SH. Kepala Pelaksana Lapangan Mayor Czi M. Manalu, Danramil 1704-01/Sortim, Kabid PSP Kab Sorong dan Kontraktor serta para kelompok tani melaksanakan peninjauan lokasi cetak sawah 2016 di Kabupaten Sorong pada Kamis 28 Januari 2016.

Cetak sawah 2016 ini untuk pengadaan alat-alat berat seperti Exavator, Buldozer dan alat-alat pertanian lainnya untuk membuka/mengelola lahan pertanian yang baru akan didukung oleh TNI-AD dengan mengerahkan prajurit Zeni Kodam XVII/Cenderawasih. 

Tanggapan dari masyarakat pada umumnya sangat senang, apresiasi kepada TNI-AD dan Dinas pertanian khususnya para Babinsa yang turun langsung di lapangan/di sawah dalam pendampingan kepada para petani dan PPL untuk mengatasi/membantu kesulitan rakyat .

Kabid Pertanian Prasarana dan Sarana Provinsi Papua Barat Ir Hamjah Mokoginta mengatakan saat ini proses lahan sawah tersebut masih dalam tahap penyiapan. Paling tidak proses penggarapan/pengerjaan lahan ini dapat dilakukan awal ataupun pertengahan bulan Februari dan pada masa tanam bulan maret 2016

Kabid juga mengatakan sudah 6 (enam) lahan tambahan yang siap untuk dicetak pada seluruh wilayah Kab Sorong, dari jumlah rencana cetak sawah di kabupaten sorong seluas 1220 Ha namun untuk saat ini hanya dikerjakan 600 Ha. Sedang sisanya 620 Ha masih dalam pembahasan di Dinas pertanian provinsi dan akan di lanjutkan pada anggaran berikutnya. 

Dari 600 Ha lahan di kabupaten Sorong, 20 Ha berada di Kelurahan Mariat Distrik Mariyai, 10 Ha berada di Kampung Klasmelek Distrik Mayamuk, 240 Ha berada di Kampung Matawolot Distrik Salawati, 50 Ha berada di Kampung Wonosobo Distrik Moisegen, 50 Ha berada di Kampung Klasari Distrik Moisegen dan 230 Ha berada di Kampung Klamono Distrik Klamono. Para kelompok tani yang berada di masing-masing kelompok rata-rata berasal dari masyarakat lokal asli Papua maupun masyarakat transmigrasi dari pulau jawa.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando