Home » » BERKAT PENDAMPINGAN BABINSA, PANEN KEDELAI DI KABUPATEN MANOKWARI MELIMPAH

BERKAT PENDAMPINGAN BABINSA, PANEN KEDELAI DI KABUPATEN MANOKWARI MELIMPAH

Written By ANDI on 28 Jan 2016 | 10:12 PM

 
PORTAL-KOMANDO.COM,.-Rabu 27 Januari 2016,.Bertempat di Kampung Macuan SP 5 Distrik Masni Kabupaten Manokwari Prov. Papua Barat dilaksanakan kegiatan Gerakan Panen Bersama TNI AD dengan Tema “Percepatan Optimasi Perluasan Areal Tanam Peningkatan Indeks Panen (PAT-PIP) Kedelai” yang dipimpin oleh Dandim 1703/Manokwari Letnan Kolonel Inf Satrio Aribowo. Kegiatan ini dalam rangka mensukseskan program pemerintah RI yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi, untuk mendukung program swasembada pangan nasional.

Dandim pada kesempatan tersebut menyampaikan tanaman kedelai seluas 6 hektar yang akan dipanen ini merupakan kedelai yang ditanam oleh kelompok Tani Mulyo Baru yang dibina oleh Babinsa Kodim 1703/Manokwari serta selalu memberikan pendampingan sejak mulai tanam sampai dengan musim panen tiba. 

Selain membantu petani melaksanakan panen kedelai, kedatangan Dandim beserta anggota juga untuk berdiskusi dengan petani dan petugas Dinas Pertanian maupun Dinas Ketahanan Pangan untuk mengetahui kendala/permasalahan apa saja yang dihadapi petani dalam bercocok tanam kedelai. 

Lebih lanjut Dandim menjelaskan bahwa ketahanan pangan tidak dapat dipisahkan dengan Ketahanan Nasional, karena apabila bangsa kita mengalami kekurangan pangan otomatis bangsa kita akan lemah, sehingga Kodim 1703/Manokwari sebagai perpanjangan tangan pemerintah ikut berperan serta dalam membantu petani meningkatkan produktifitas pertanian khususnya untuk tanaman pajale (padi jagung dan kedelai).

Acara panen kedelai dihadiri pula oleh petugas dari Dinas Perkebunan dan Pertanian serta Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Tanaman Holtikultural Kab. Manokwari, Kabid PSP Tanaman Holtikultural Prov. Papua Barat, Kabid PSP Dinas Pertanian Kab. Manokwari, Danramil 1703-04/Warmare, Pasiterdim 1703/Manokwari, Kepala Kampung Macuan dan Ketua Kelompok Tani Mulyo Baru.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando