Home » » PENYULUHAN KESEHATAN FILARIASIS KEPADA PRAJURIT DAN PNS KOREM 171/PVT

PENYULUHAN KESEHATAN FILARIASIS KEPADA PRAJURIT DAN PNS KOREM 171/PVT

Written By ANDI on 27 Jan 2016 | 1:44 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-Den Kesyah 17.04.01 Sorong bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Sorong dalam hal ini Puskemas Malanu melaksanakan penyuluhan kesehatan “Filariasais” atau “Elephantiasis” atau “Kaki Gajah” kepada prajurit dan PNS jajaran Korem 171/PVT beserta keluarga dihadiri oleh para Kasi Korem 171/PVT, dr. Yestin dari Puskemas Malanu, Danden Kesyah 17.04.01 Sorong Letkol Ckm Edy, para Komandan Satuan dan Ka Balak Aju jajaran Korem 171/PVT bertempat di Aula Praja Vira Tama Korem 171/PVT Jl. Pramuka No. 1 Sorong-Papua Barat, Rabu (27/01).

Dalam sambutan Danden Kesyah 17.04.01 Sorong Letkol Ckm Edy mengatakan bahwa “Filariasais” atau “Elephantiasis” atau “Kaki Gajah” adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing Filaria yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Penyakit ini sudah tersebar luas di perkotaan dan pedesaan, dapat menyerang semua golongan tanpa mengenal usia dan jenis kelamin, dimana hampir seluruh wilayah Indonesia adalah daerah endemis filariasis, terutama wilayah Indonesia Timur yang memiliki prevalensi lebih tinggi.

Menurut data Kementerian Kesehatan RI, sejak tahun 2000 hingga 2009 dilaporkan kasus kronis filariasis sebanyak 11.914 kasus yang tersebar di 401 Kabupaten/Kota di Indonesia. Sedangkan kasus filariasis di Kota Sorong (Sumber : Dinkes Kota Sorong) sejumlah 5 kasus kronis yang dilaporkan oleh Puskesmas Kepulauan Doom dan Puskesmas Tanjung Kasusari pada November 2015. TNI sebagai salah satu sub-populasi dari penduduk Indonesia tentu tidak terlepas dari permasalahan yang ada.

Permasalahan penyakit ini sangat erat dengan aspek perilaku, terutama perilaku hidup bersih pada lingkungan yang sehat, sehingga akan meminimalkan resiko penyebaran oleh nyamuk yang terinfeksi. Oleh karenanya betapa pentingnya menjaga kebersihan diri, lingkungan tempat tinggal dan perkantoran guna mengurangi tempat bersarangnya nyamuk tersebut. 

Kegiatan penyuluhan kesehatan Filariasis ini dilaksanakan tidak semata-mata menjalankan program dari Komando atas dalam hal ini Direktorat Kesehatan Angkatan Darat, namun juga untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah yang mengacu pada pembangunan kesehatan Nasional yaitu program Pemberian Obat Masal Pencegahan (POMP) Filariasis yang merupakan bagian dari program Eliminasi Filariasis.

Penatalaksanaan Eliminasi Filariasis dalam pelaksanaannya tidak bisa hanya dilakukan oleh personel atau satuan kesehatan saja, tetapi harus melibatkan berbagai sektor diluar kesehatan. Sosialisasi yang dilaksanakan ini adalah salah satu tujuannya adalah untuk membekali para prajurit dan PNS jajaran Korem 171/PVT beserta keluaraga agar memiliki pemahaman yang benar tentang Filariasis sehingga dapat terhindar dan mencegahnya. 

Dengan demikian diharapkan membekali para prajurit dan PNS jajaran Korem 171/PVT beserta keluaraga diharapkan dapat ikut memberikan penjelasan tentang bahaya penyakit ini kepada masyarakat umum dilingkungan tempat tinggal dan kerja.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando