Home » » Danlantamal V Ikuti Apel Komandan Satuan TNI 2016

Danlantamal V Ikuti Apel Komandan Satuan TNI 2016

Written By ANDI on 27 Jan 2016 | 4:26 PM

PORTAL-KOMANDO.COM,.-Lantamal V, (27/1). Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal) V Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah mengikuti Apel Komandan Satuan (AKS) TNI Tahun 2016 yang dibuka Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di Panti Tjahaya Armada, Koarmatim kemarin, hari ini dan besok AKS dilanjutkan di Bumi Marinir Karangpilang, Surabaya.
 
AKS TNI Tahun 2016 yang diikuti 614 peserta ini mengusung tema “Reaktualisasi Kepemimpinan Komandan Satuan Guna Memantapkan Soliditas Profesionalisme dan Militansi Prajurit TNI Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”.
 
Menurut Panglima TNI, tema tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan semangat sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara profesional, dan tentara nasional serta memantapkan soliditas, profesionalisme, militansi prajurit TNI dalam rangka meningkatkan kesiapan operasi untuk melaksanakan tugas pokok TNI.
 
Jati diri TNI dibuat oleh pemikir-pemikir, sesepuh TNI termasuk pendiri TNI yang telah berjuang memperebutkan NKRI dengan penuh pengorbanan, maka jati diri TNI yang tumbuh dengan ikhlas hanya untuk mewariskan kepada generasi penerus TNI agar mampu mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia, ujar Panglima TNI dihadapan para pemimpin masa depan TNI tersebut.
 
Dalam AKS TNI tahun 2016 yang berlangsung tiga hari itu, dihadiri para sesepuh TNI yang sekaligus memberikan ceramah kepada para Komandan Satuan TNI diantaranya, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno dengan materi nilai-nilai dan jati diri TNI, Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto tentang penyiapan Perwira TNI untuk kepemimpinan tingkat nasional, Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso, M.Si., tentang proses penyiapan alih generasi kepemimpinan TNI dari generasi 70-an ke generasi 80-an.
 
Selain itu ada juga Laksamana TNI (Purn) Agus Suhartono yang menyuguhkan materi tentang Sinergitas dan interoperabilitas dalam menumbuhkembangkan loyalitas dan militansi prajurit. Selain itu para peserta AKS masih mendapatkan wejangan KSAD Jenderal TNI Mulyono, KSAL Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P., dan KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna serta motivator Hanjar.
 
Untuk AKS TNI tahun ini, ada sedikit beda dengan pelaksanaan sebelumnya, dimana seluruh peserta yang berjumlah 614 orang dari Mabes TNI 57 orang, TNI AD 240 orang, TNI AL 213 orang dan TNI AU 81 orang serta tim pokja 5 orang ini diinapkan diatas enam kapal perang milik TNI AL yaitu KRI Makassar-590, KRI Surabaya-591, KRI Teluk Bintuni-520, KRI Hasunudin-366, KRI. Sultan Iskandar Muda-367, dan KRI Diponegoro-365, yang sandar di dermaga Madura Koarmatim.

Tidak hanya menginap di Kapal perang, para Komandan Satuan juga mengikuti Peraturan Dinas Dalam (PDD) khas TNI AL, seperti waktu istirahat malam dan waktu bangun pagi yang dilanjutkan pelaksanaan olahraga, serta untuk seorang perwira menengah keatas saat keluar masuk KRI mendapatkan kehormatan tiupan peluit yang menjadi ciri khas seluruh Angkatan Laut di Dunia.
 
Pelaksanaan AKS tahun ini juga dipercayakan kepada Kolonel Laut (P) Budhiyanto yang sehari hari menjabat Asrena Pangarmatim sebagai Ketua Pelaksana Daerah. Hadir pada acara tersebut diantaranya, Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A, Irjen TNI Letjen TNI Syafril Mahyudin, Pangkostrad Mayjen TNI Edy Rahmayadi, Dankodiklat TNI Letjen TNI Agus Sutomo, para Asisten Panglima TNI, para Asisten Kepala Staf Angkatan, para Pangkotama TNI dan para Komandan Satuan jajaran TNI lainnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando