Home » » Kasrem 171/Pvt Membuka Kegiatan Aksi Reboisasi Areal Hutan Terbakar

Kasrem 171/Pvt Membuka Kegiatan Aksi Reboisasi Areal Hutan Terbakar

Written By ANDI on 7 Nov 2015 | 10:37 AM



PORTAL-KOMANDO.COM,.-Korem 171/PVT kerjasama dengan Komunitas Peduli Lingkungan Kota Sorong yang terdiri dari Forum Komunikasi Gerakan Aksi Untuk Lingkungan (FK-GAUL) Kota Sorong, Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia Korda Papua Barat dan DPC Granat Sorong, melaksanakan Aksi Reboisasi Areal Hutan Terbakar yang dibuka oleh Kasrem 171/PVT Kolonel Inf R. Agus Abdurrauf dihadiri oleh para Kasi Korem 171/PVT, para Komandan satuan dan Ka Balak Aju jajaran Korem 171/PVT, Anggota DPRD Kota Sorong Bpk. Safrudin Sabonama SH, Komunitas Peduli Lingkungan Kota Sorong dan tamu undangan bertempat di lapangan Tembak Korem 171/PVT Jl. Pramuka No. 1 Sorong-Papua Barat, Jum’at (6/11).

Kegiatan Aksi Reboisasi Areal Hutan Terbakar ini mengambil Tema “Hutan Lestari Mata Air Mengalir, Hutan Gundul Air Mata Mengalir” dengan melibatkan + 700 orang peserta yang terdiri dari prajurit TNI AD jajaran Korem 171/PVT Garnizun Sorong dan gabungan anggota Komunitas Peduli Lingkungan Kota Sorong dan masyarakat dengan kegiatan melaksanakan penanaman 1.500 bibit pohon dari berbagai jenis yang mempunyai multi fungsi, dan merupakan tanaman unggulan lokal, di sekitar perbukitan belakang Makorem 171/PVT yang mengalami kebakaran beberapa waktu yang lalu akibat kemarau berkepanjangan dan ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kasrem 171/PVT Kolonel Inf R. Agus Abdurrauf mengatakan bahwa salah satu aspek yang penting dari pembangunan ini adalah kesanggupan dan kesadaran dari masyarakat untuk melestarikan lingkungan hidup dan sumber alam yang ada dimana salah satu sikap semacam itu adalah acara aksi reboisasi areal hutan terbakar seperti yang dilakukan sekarang ini. Tujuan acara aksi reboisasi areal hutan terbakar ini adalah untuk mengurangi dampak pemanasan global, meningkatkan absorbsi gas co2, (carbon dioksida) dan polutan lainnya, mencegah banjir, dan tanah longsor serta meningkatkan upaya konservasi sumber daya genetik tanaman hutan akibat kebakaran hutan dari dampak kekeringan yang berkepanjangan.

Hal ini harus ada kepedulian yang tinggi dari semua komponen masyarakat di Kota Sorong ini, dengan mewujudkan kesadaran menanam dan memelihara tanaman sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, diharapkan kegiatan aksi reboisasi areal hutan terbakar ini dapat dijadikan momentum guna menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup untuk membantu mengatasi menurunnya sumber daya genetik tanaman hutan.

Disadari bahwa acara aksi reboisasi areal hutan terbakar ini, belum seberapa dibanding luasnya hutan dan lahan yang rusak. Namun demikian upaya ini sangat berharga apabila dilaksanakan secara terus-menerus dan dipelihara dengan penuh kesungguhan karena bangsa Indonesia telah dianugerahi keaneka-ragaman hayati yang tinggi, tanah yang subur, serta iklim yang sangat mendukung untuk kegiatan bercocok tanam. Marilah disyukuri anugerah yang tak terhingga ini dengan menanam jenis-jenis pohon yang mempunyai multi fungsi, dan merupakan tanaman unggulan lokal.

Untuk itu diharapkan dengan adanya acara aksi reboisasi areal hutan terbakar ini, dapat memberikan motivasi yang besar dalam membangun kesadaran dan semangat seluruh masyarakat Papua Barat lebih khusus lagi adalah masyarakat yang berada di Kota Sorong ini, agar menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup, serta ikut memiliki dan bertanggungjawab dalam menjaga dan memeliharanya.Pendam17Cenderawasih
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando