Home » » 130 Calon Tarun Akademi TNI Ikuti sidang Pantukhir Panda Surabaya

130 Calon Tarun Akademi TNI Ikuti sidang Pantukhir Panda Surabaya

Written By ANDI on 24 Jun 2015 | 9:11 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-Surabaya, (24/6).Hanya 130 orang (120 Calon Taruna dan 10 Calon Taruni) dari 1.406 Calon taruna/Taruni (Catar) Akademi TNI tahun 2015 yang berhasil bertahan dan lolos untuk mengikuti Sidang Penentuan Akhir (Pantukhir) Panitia Daerah Surabaya yang digelar di gedung Graha Samudra Bumimoro (GSB), Surabaya, Rabu (24/6).
 
Sidang Pantukhir tersebut dipimpin langsung Ketua Panitia Daerah Surabaya yang juga Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah didampingi Wakil Ketua Panda Surabaya yang Juga Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Yoppye Chesimus Wayangkau, Katim Kesehatan Laksma TNI Dr. IDG Nalendra, S.PB, Katim Jasmani, Katim Psikologi, Katim Mental Idiologi, Katim Administrasi, Sekretaris dan panitia lainnya.
 
Sebelum sidang pantukhir berlangsung, para Catar Akademi TNI ini, telah mengikuti proses yang panjang dan melelahkan sejak proses seleksi digulirkan pada 11/6 lalu. Mereka telah melalui tahapan pemeriksaan awal, Administrasi 1, Kesehatan 1, Jasmani 1, Mental Idiologi, Psikolog, Administrasi 2, pengumuman kesehatan 2, psikologi dan administrasi, dimana ditiap tahapan test tersebut, calon yang tidak memenuhi syarat akan gugur dengan sendirinya.
 
Diawal pelaksanaan Sidang Pantukhir, Ketua Panda mengajukan tiga pertanyaan mendasar yang harus dijawab dengan tegas dan jujur oleh seluruh peserta Pantukhir. Pertama Ketua Panda bertanya tentang adakah diantara Catar yang ingin mengundurkan diri sebelum pelaksanaan sidang dimulai, para catar dengan sigap menjawab Siap, Tidak ada.
 
Kemudian Ketua Panda bertanya lagi, apakah diantara peserta ada pihak-pihak yang menjanjikan bisa membantu meloloskan peserta dalam proses seleksi dengan syarat memberikan barang atau sejumlah uang, para peserta menjawab dengan serentak, Siap tidak ada. Dan pada pertanyaan ketiga Ketua Panda bertanya tentang kesiapan calon taruna bila sudah menjadi perwira TNI untuk siap ditempatkan di mana saja di bumi Indonesia, maka mereka menjawab Siap bersedia.
 
Usai mengajukan pertanyaan dan dijawab peserta, kemudian Ketua Panda mempersilahkan para panitia untuk melaksanakan pendalaman atau cross chek terhadap Catar yang berbaris rapih, bahkan alat uji seperti tensi darah, tempat full up dan lainnya disiapkan panitia untuk menguji secara detail tiap Catar sesuai dengan daftar nilai yang ada dalam buku panduan dengan fakta lapangan, sehingga tak heran para catar terlihat cukup tegang menanti setiap tester yang lewat dihadapannya.
 
Menurut Ketua Panda Surabaya mengatakan bahwa proses pantukhir daerah ini merupakan tahap final proses penerimaan Taruna/Taruni Akademi TNI tahun 2015 untuk Panda Surabaya. Mereka yang dinyatakan lolos Panda Surabaya, akan dikirim ke Panitia Pusat pada 4 Juli mendatang.
 
Panda Surabaya lanjutnya, merupakan Panda yang paling banyak menerima pendaftaran Calon taruna dibanding dengan panda lainnya. Dengan jumlah peserta yang cukup banyak tersebut, proses seleksi telah dijalankan sesuai prosesdur yang berlaku, yang salah satunya melaksanakan upacara penandatanganan Pakta Integritas untuk berjalannya proses seleksi secara profesional, objektif, akuntabel, transfaran dan menghindari praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) sebelum pelaksanaan seleksi dimulai.
 
Ia berharap, dari proses yang panjang dan ketat yang telah dilaksanakan ini bisa menghasilkan calon-calon Taruna/Taruni yang berkualitas sesuai standar yang ditentukan TNI, tidak hanya cakap secara postur, manun memiliki mental idiologi yang baik, psikologi yang mantap dan memiliki integritas dan kapabilitas yang tinggi untuk menjadi prajurit TNI sejati, profesioanal dan berjuang untuk NKRI.
 
Hingga berita ini diturunkan, sidang Pantukhir masih berlangsung sehingga belum diketahui keputusan tentang berapa jumlah yang lolos pantukhir daerah untuk selanjutnya dikirim ke Panitia pusat yang proses seleksinya kan berlangsung pada bulan Agustus mendatang.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando