Home » » PANGDAM XII/TPR LEPAS YONIF LINUD 501/BY KOSTRAD DARI BUMI KHATULISTIWA

PANGDAM XII/TPR LEPAS YONIF LINUD 501/BY KOSTRAD DARI BUMI KHATULISTIWA

Written By ANDI on 7 Apr 2015 | 12:25 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-Kubu Raya - Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Toto R. Soedjiman resmi melepas Batalyon Infanteri Lintas Udara 501/Bajra Yhuda Kostrad dari Bumi Khatulistiwa berakhirnya tugas pengamanan perbatasan RI-Malaysia, di Lapangan Makodam XII/Tpr Jl. Arteri Moch Alianyang, Kamis (3/4).

Dalam acara pelepasan Yonif Linud 501/BY Kostrad, Pangdam XII/Tpr mengatakan, selama 7 bulan Yonif Linud 501/BY Kostrad melaksanakan tugas disepanjang perbatasan RI-Malaysia, banyak keberhasilan selama penugasan diperbatasan seperti, menggagalkan Ilegal Traficking, mengamankan peyelundupan miras, penyelundupan gula, penyelundupan sepeda motor asal Malaysia, Penyerahan senjata oleh masyarakat kepada Satgas Yonif Linud 501/BY Kostrad, dan karya bhakti bersama masyarakat serta mencegah pelanggaran batas yang dilakukan oleh masyarakat kedua Negara.

Selain itu, dengan keberhasilan Yonif Linud 501 Kostrad telah menunjukkan eksistensinya selama bertugas diperbatasan, jadikan sebagai motivasi untuk lebih memantapkan tekad dan semangat juang dalam menyongsong tugas di masa yang akan datang, dan Sebagai prajurit Sapta Marga dan prajurit profesional harus menyadari bahwa prestasi yang telah diraih dalam penugasan kiranya dapat dipertanggungjawabkan dan dipertahankan, bahkan prestasi tersebut hendaknya dapat dijadikan pelajaran dan sumber inspirasi untuk melaksanakan tugas lebih baik lagi.

Pangdam mengatakan bahwa, Operasi Pamtas RI-Malaysia adalah merupakan implementasi terhadap pelaksanaan UU RI No. 34 Tahun 2004 tentang TNI terutama OMSP yang berbunyi bahwa tugas pokok TNI dalam operasi militer selain perang adalah mengamankan wilayah perbatasan.

Diakhir pelepasan Yonif Linud 501/BY Kostrad, Pangdam mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Danyon beserta seluruh Prajurit Yonif 501/BY Kostrad atas pelaksanaan tugasnya selama di perbatasan RI-Malaysia, namun sebelum meninggalkan Kalimantan Barat menuju ke Home Base Batalyon Infanteri Linud 501/BY Kostrad, kepada para unsur pimpinan supaya melaksanakan pengecekan ulang terhadap personel maupun materiil terutama senjata dan munisi, hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama diperjalanan. jaga faktor keamanan, sehingga selamat sampai tujuan, dan sampaikan salam saya kepada keluarga.

Hadir saat acara; Kasdam XII/Tpr, Danrem 121/Abw, Irdam, Staf Ahli, LO AL dan AU, para Asisten dan Kabalak Kodam XII/Tpr, Komandan Batalyon, serta prajurit Yonif Linud 501/Bajra Yudha Kostrad.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando