Home » » Lantamal V Selesai Jalani Wasrikap Itkoarmatim

Lantamal V Selesai Jalani Wasrikap Itkoarmatim

Written By ANDI on 2 Apr 2015 | 4:32 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,. Surabaya, (2/4),-Proses Pengawasan dan Pemeriksaan Lengkap (Wasrikap) dari Tim Wasrikap Inspektorat Komando Armada RI Kawasan Timur (Itkoarmatim) di Mako Pengkalan Utama TNI AL V (LantamalV) selama dua pekan berakhir dan ditutup Wadan Lantamal V, Kamis (2/4).

Berakhirnya proses Wasrikkap tersebut ditandai dengan dibacakannya taklimat akhir Pangllima Armatim Laksda TNI Darwanto, S.H.,MAP oleh Ketua Tim Wasrikap Itkoarmatim Wasrikkap Kolonel Laut (T) Tjejeng Surachman S.E. dalam rapat konfirmasi yang dihadiri Wadan Lantamal V Kolonel Laut (P) Weddy Widya, Para Asisiten Danlantamal dan seluruh Kepala Dinas dijajaran Lantamal V.

Menurut pangarmatim dalam amanatnya yang dibacakan Itkoarmatim mengatakan bahwa selama pelaksanaan wasrikkap mulai 23 Maret sampai dengan 2 April 2015 diharapkan dapat membawa perubahan positif terhadap kinerja Lantamal V kedepan, sebab dengan adanya wasrik lengkap Itkoarmatim, pada hakekatnya merupakan implementasi dari penyelenggaraan salah satu komponen sistem manajemen bidang pengawasan dan pemeriksaan secara lengkap. Dari pelaksanaan wasrik ini diharapkan kelak dapat diketahui sejauh mana sasaran dari kegiatan yang telah dilaksanakan berhasil dicapai.

Wasrik lanjutnya, bertujuan untuk menekan kesalahan administrasi, prosedur dan penggunaan anggaran sehingga kegiatan yang dilaksanakan mendapat hasil yang maksimal di bidang-bidang bidang yang menjadi objek pemeriksaan antara lain Personel, Logmat, Opslat, Keuangan, Prosa dan khusus.

Pada prinsipnya, seluruh kegiatan prohram dan anggaran yang sudah dilakukan Lantamal V berjalan dengan baik, namun masih ada beberapa hal yang harus disempurnakan dalam pelaksanaan dan pengakhirannya. Sehingga temuan-temuan Timwasrik agar ditindaklanjuti untuk perbaikan kinerja kedepan.

Tim wasrikkap bukanlah mencari-cari kesalahan, namun apa yang telah ditemukan hendaknya dapat diterima dengan lapang dada dan tempatkan sebagai landasan untuk mawas diri, guna meningkatkan semangat dalam mempertahankan kondisi yang lebih baik, disisi lain tim wasrik telah berusaha mengedepankan semangat pembinaan dan lebih menonjolkan sebagai penasehat serta pendorong dengan memberikan masukan – masukan yang positif, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Wadan Lantamal V Kolonel Laut (P) Weddy Widya mewakili Komandan Lantamal V Brigjen TNI (MAR) Rudy Andi Hamzah, mengatakan bahwa kegiatan wasrikkap Itkoarmatim di jajaran Lantamal V telah berjalan dengan tertib, lancar, dan penuh keterbukaan. Hal ini tidak lain karena kedua belah pihak yakni tim wasrik sebagai subjek dan satker jajaran Lantamal V sebagai obyek telah dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab, memerankan fungsi masing-masing dengan dilandasi asas kemitraan.

Kemudian lanjutnya bahwa Temuan kekurangan-kekurangan ataupun kesalahan–kesalahan prosedur dalam rangka pengelolaan administrasi, adalah sebagai bahan pembenahan dan penyempurnaan sesuai norma dan tataran prosedur yang berlaku dengan tujuan dapat meningkatkan pembinaan organisasi secara umum serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas pencapaian sasaran dari program kerja dan anggaran yang telah ditetapkan.

“Dengan adanya wasrik Itkoarmatim kali ini kami merasa diingatkan kembali agar bekerja lebih teliti sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam setiap kegiatan,” terangnya.

Oleh sebab itu pada kesempatan ini, kami selaku pemegang komando di jajaran Lantamal V, menyampaikan
terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Tim Wasrikkap atas temuan-temuannya. Semua itu tidak lain adalah untuk kepentingan Lantamal V dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi kearah yang lebih baik, pada gilirannya dapat mendukung kinerja TNI AL.@ANDI
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando