Home » » Danlanal Cilacap Hadiri Festival Seribu Roket Air

Danlanal Cilacap Hadiri Festival Seribu Roket Air

Written By ANDI on 7 Apr 2015 | 4:03 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.Cilacap (7/4) ,-Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Cilacap, Lantamal V Kolonel Laut (P) Toto Suharyanto, S.T. menghadiri Festival 1.000 Roket Air di desa Gentasari kecamatan Kroya Kabupaten Cilac ap, Sabtu (4/4) lalu.

Festival Seribu Roket Air yang digelar Pemerintahan Kabupaten Cilacap di lapangan sepak bola Desa Gentasari Kecamatan Kroya ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-159 Kabupaten Cilacap.

Di Jari jadi ke-159 ini, Kabupaten Cilacap ingin mewadahi kreatifitas generasi muda berkaitan dengan kemajuan teknologi khususnya hasil rancangan para siswa-siswi SMP seluruh Kabupaten Cilacap. Dan ini merupakan momentum pembibitan calon ilmuan yang salah satunya dengan pembuatan roket Air dan dikemas yang dikemas dalam Festival Seribu Roket Air ini.

Festifal adu gengsi kreatifitas anak muda Kabupaten Cilacap ini dibuka Menteri Koordinator Kemaritiman Prof., DR., Ir., Indroyono Soesilo, M.S.c.,. menurut Indroyono –sapaan akrab Menko Kemaritiman bahwa Festival ini merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kreativitas pelajar, selain itu agar para siswa lebih mengenal ilmu pengetahuan.

Festival 1.000 Roket Air tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Cilacap yang diketuai oleh Kadispora Kabupaten Cilacap Warsono ini, sedikitnya diikuti 1.000 peserta dan melakukan sedikitnya 2.000 peluncuran roket air.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan upaya untuk mendorong generasi muda selalu kreatif, tumbuh positif melalui karya inovatif. Dengan membuat roket air ini, para siswa-siswi diarahkan untuk dapat membuat suatu peranti dengan dasar kerja berdasar hukum aerodinamika yang merupakan bagian dari pelajaran ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan di bangku sekolah.

Ia mengakui bahwa Festival Roket Air kali ini merupakan festival dengan peserta terbanyak dari siswa- siswi SMP (Sekolah Menengah Pertama ) semenjak diselenggarakannya lomba ini, dan pemenangnya akan diikut sertakan di kejuaraan dunia di Bali pada November mendatang.

Hadir dalam festival tersebut, antara lain, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamudji, Wakil Bupati Akhmad Edi Susanto, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Edison, Danlanal Cilacap kolonel Laut (P) Toto Suharyanto, S.T., Dandim0703/Clp Letkol Inf Ferry Irawan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando