Home » » SATGAS KIZI TNI KONGA XX-L/MONUSCO LAKSANAKAN PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN DUNGU RUNWAY

SATGAS KIZI TNI KONGA XX-L/MONUSCO LAKSANAKAN PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN DUNGU RUNWAY

Written By ANDI on 3 Mar 2015 | 11:07 AM


PORTAL-KOMANDO.COM,.(KONGO).-Prajurit TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda (Konga) XX-L/Monusco atau sering disebut dengan Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI yang tengah bertugas sebagai pasukan perdamaian di Republik Demokratik Kongo dibawah pimpinan Mayor Czi Santy Karsa Tarigan selaku Komandan Satgas (Dansatgas) mendapat tugas tambahan dari MONUSCO (Mission De L Organisation Des Nations Unies pour La Stabilization en Republique Demokratique du Congo) untuk membantu pemeliharaan Bandara Dungu di Kongo.

Di samping tugas pokoknya memberi bantuan Zeni kepada Monusco, Prajurit TNI Konga XX-L/Monusco yang bermarkas di Bumi Nusantara Camp Dungu, sering mendapat tugas memberi bantuan Zeni yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas Monusco, khususnya di wilayah kerja Brigade Ituri yang markas besarnya berada di Bunia. Tugas-tugas yang diemban oleh Satgas Zeni TNI beragam dari mulai pembuatan jalan, rehab jembatan, pembangunan prasarana umum seperti sekolah dan tempat ibadah. Selain itu satgas Zeni TNI juga melaksanakan tugas pemeliharaan Bandara (Dungu Runway) yang terletak di Kota Dungu.

Pemeliharaan Dungu Runway ini merupakan tugas rutin yang dilaksanakan setiap harinya oleh prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kompi Zeni TNI yang meliputi kegiatan Scraping Surface Soil ( Pengelupasan Lapisan Tanah), Pemerataan Tanah, Pemadatan Tanah serta Overlay Runway ( Pengaspalan). Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan secara terus menerus dan merupakan tugas yang selalu diserah terimakan dari Satgas Zeni sebelumnya.

Menurut Dansatgas Kizi TNI Konga XX-L/Monusco Mayor Czi Santy Karsa Tarigan,S.E menyampaikan bahwa Bandara Dungu memiliki landasan pacu sepanjang 2.500 m, kondisinya belum dilapisi aspal dan masih terbuat dari tanah merah (lemonit), akan tetapi sudah sangat kuat seperti aspal sehingga sudah sangat aman untuk mobilitas penerbangan yang cukup padat dari dan ke daerah Dungu.

Lebih lanjut untuk pemeliharaan secara berkala Bandara Dungu, Monusco menugaskan Satgas Kizi TNI untuk memberi bantuan Zeni berupa pemeliharaan dan pemadatan landasan pacu dengan menambahkan bahan lemonit serta pemerataan dan pemadatan jalan ring luar bandara yang biasa dipergunakan sebgai jalur transportasi penduduk lokal dan patroli pasukan Maroko untuk menjaga keamanan bandara dari kemungkinan adanya gangguan pihak milisi.

Di dalam pengerjaannya dipimpin langsung oleh Perwira Pemeliharaan Airport yang tergabung dalam Satgas Kizi TNI Konga XX-L/Monusco Lettu Sus Wahyu Prabowo, S.T dan dibantu oleh prajurit Satgas Zeni TNI sebagai pelaksana di lapangan. @ANDI


Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando