Home » » Selama 3 Hari Kodim 0731 Kulon Progo Gelar Latihan Gladi Posko, Simulasi Jebolnya Bendungan Waduk Sermo.

Selama 3 Hari Kodim 0731 Kulon Progo Gelar Latihan Gladi Posko, Simulasi Jebolnya Bendungan Waduk Sermo.

Written By ANDI on 23 Mei 2018 | 12:00 PM


Yogya Barat. Kodim 0731/Kulon Progo mengelar Latihan Gladi Posko. Sasaran Latihan Gladi Posko ini melaksanakan,Operasi Bantuan dan sebagai crisis center Penanggulangan Bencana alam, jebol nya Waduk Sermo di Kecamatan Kokap, salah satu Wilayah teritorial Kodim 0731 Kulon Progo. Sebagai pos pengendali di tempat kan di Aula Makodim 0731 Kulon Progo, Selasa (22/05/18) dan berahir pada Kamis (24/05/18).

Latihan bertujuan untuk melaksanakan operasi penanggulangan bencana alam, dengan seluruh komponen terkait. Pelibatan komponen ini di dukung oleh Polres Kulon Progo, Satuan Radar 215 Congot, Brimob Den B Sentolo, Satpol PP, Basarnas DIY, DPU Penanggung Jawab Bendungan Waduk Sermo, BPBD Kulon Progo, PMI Kulon Progo, DisHub, Kesbangpol, Tagana Kulon Progo, Damkar serta Relawan.

Simulasi di mulai saat saat BMKG DIY, memberikan Warning keadaan darurat bagi Propinsi DIY khususnya Kabupaten Kulon Progo terkait cuaca dengan itensitas hujan diatas rata rata. Curah hujan yang cukup tinggi ini, membuat Waduk Sermo yang berada di wilayah Kodim 0731 Kabupaten Kulon Progo kapasitas air sudah diatas ambang batas. Karena sudah tidak mampu menahan volume air, ahirnya struktur Bendungan ini Jebol. 

Ada 9 Kecamatan diwilayah Kabupaten Kulon Progo yang terkena dampak langsung dengan jebolnya waduk Sermo ini. Terlebih dengan situasi hujan yang turun terus menerus. Dalam keadaan darurat ini, Bupati atas nama pihak Pemda Kulon Progo menunjuk Dandim 0731 sebagai Komando Pengendalian Operasi (KodalOps) penanggulangan Bencana Alam. Sebagai KodalOps Penanggulangan Bencana, Dandim bergerak cepat. Koordinasi kekuatan baik sarana angkut evakuasi, titik pengungsian, dapur umum serta sarana kesehatan ditentukan. Selain memberikan laporan keadaan, bilamana kekuatan masih dianggap belum mencukupi, Dandim melaporkan permintaan bantuan kekuatan pada Komando diatas yaitu Korem 072 Pamungkas.

Penjelasan simulasi ini di sampaikan langsung oleh Dandim 0731, Letkol Inf Dodit Susanto A.Md, didampingi Dansatradar 215 Congot, Letkol Lek Bambang Suyono M.Han. Perwakilan dari Polres, Brimob Sentolo serta pimpinan instansi terkait.

"Seperti yang sudah disampaikan bila bencana alam ini terjadi, dengan Latihan yang terpadu dan terkoordinasi ini, semua pihak akan mengerti harus berbuat apa, menyiapkan apa, dan berada di posisi mana. Kita semua berharap tidak terjadi, namun akan lebih baik, bila semua pihak yang menjadi pemangku wilayah mengerti harus bertindak bagaimana, bila bencana alam ini terjadi. Sehinga tidak gagap dan gugup menyelamatkan, mengevakuasi, dan menempatkan warga masyarakat di titik yang aman. Ini tanggung jawab semua pihak" jelas Dandim 0731 ini.

Komandan Kodim 0731 Letkol Inf Dodit Susanto, A.Md. menambahkan dengan Latihan Gladi Posko ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para peserta, terutama dalam melaksanakan pengendalian opersional, sesuai dengan prosedur hubungan komando dan staf  dalam Operasi serta Koordinasi dengan satuan satuan pendukung lainya. (NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando