Home » » Mayjen TNI Doni Munardo Temui Wapres Jusuf Kalla, Laporkan Rencana Kedepan Wantannas

Mayjen TNI Doni Munardo Temui Wapres Jusuf Kalla, Laporkan Rencana Kedepan Wantannas

Written By ANDI on 28 Apr 2018 | 1:03 PM


Jakarta, PK- Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menerima kedatangan Sekretaris Jenderal (Sesjen) Dewan Ketahanan Nasional, Mayjen TNI Doni Monardo di kantornya, Jl. Veteran III Jakarta Pusat, Jumat (27/4) kemarin. Kedatangan Mayjen TNI Doni Munardo adalah untuk melaporkan rencana kegiatan Wantannas kedepan serta audiensi tentang spektrum ancaman yang sedang dan akan terjadi. 

Disebutkan dalam situs resmi dkn.go.id dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih satu jam tersebut, Sesjen melaporkan rencana kegiatan Wantannas kedepan. Sesjen juga melaporkan kepada Wakil Presiden bahwa saat ini Setjen Wantannas sedang menyusun dokumen tentang spektrum ancaman yang akan digunakan sebagai masukan kepada Ketua Wantannas yakni Presiden Republik Indonesia.

Spektrum ancaman yang dimaksud oleh Sesjen yaitu ancaman yang bersifat militer dan non militer. Sesjen juga menjelaskan bahwa saat ini ancaman faktual yang sedang dihadapi bangsa adalah ancaman yang bersifat non militer.

Dalam kesempatan terabut, Mayjen Doni yang pernah menjabat Pangdam III/Siliwangi ini juga melaporkan tentang progres kemajuan program Citarum Harum. Program yang dimulai saat Mayjen TNI Doni Monardo menjabat sebagai pangdam III Siliwangi tersebut kini telah mempunyai payung hukum dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) no 15 tahun 2018 terkait percetan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai Citarum. Dalam Perpres yang ditandatangani 14 Maret tersebut, sebanyak 18 Kementerian, Lembaga Negara, TNI dan Polri dilibatkan untuk mendukung mengatasai masalah Citarum.

Sesjen juga melaporkan rencana Setjen Wantannas pada bulan Juli 2018 nanti yang akan mengadakan acara Sarasehan Nasional. Dalam acara Saresehan tersebut rencananya akan menghadirkan tokoh-tokoh yang pernah terlibat konflik di Maluku. Ia berharap agar Wakil Presiden berkenan hadir dalam acara tersebut karena Wapress sebelumnya juga merupakan salah satu tokoh yang turut berperan besar dalam proses perdamaian konflik di Provinsi Maluku dan Nanggroe Aceh Darussalam.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyambut baik kedatangan rombongan dari Setjen Wantannas. Ia berharap agar Wantannas bisa menyusun spektrum ancaman yang baik dan cara untuk menangkal ancaman tersebut.

Wapres juga menceritakan pengalamannya saat menyelesaikan berbagai konflik yang terjadi di Provinsi Maluku dan Nanggroe Aceh Darussalam. Ia menegaskan bahwa semua konflik di dunia semuanya bersumber dari ketidakadilan. Oleh karenanya satu-satunya cara menyelesaikan konflik adalah dengan menciptakan keadilan untuk semua pihak.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando