Home » » TIM Sergab Korem 061/Suryakancana laksanakan Serap Gabah ke Wilayah Kabupaten Bogor

TIM Sergab Korem 061/Suryakancana laksanakan Serap Gabah ke Wilayah Kabupaten Bogor

Written By ANDI on 3 Mar 2018 | 7:54 PM


PK,.SUKABUMI,.Dalam Rangka Meningkatkan ketahanan Pangan Nasional Pemerintah saat ini 2 tahun belakangan ini pemerintah gencar melakukan peningkatan program Ketahanan Pangan melalui Program UPSUS Pajale dan Program Serap  Gabah. 

Hal tersebut dapat di lihat dari Gencarnya Pemerintah Pusat maupun Daerah melakukan giat peningkatan Program Ketahanan Pangan Nasional tersebut. Diantaranya dengan melakukan kerjasama antara Kementeian Pertanian dengan TNI AD. Dengan harapan Masyarakat Indonesia tidak lagi kekurangan Pangan dan tidak lagi mengimpor Beras dari Luar Negeri.

Hal tersebut dikatakan oleh Pasi Komsos Korem 061/Sk Mayor Chb Marah Sulaiman mewakili Kasiter Korem 061/Suryakancana.

M. Sulaiman menyampaikan bahwa, Kegiatan peningkatan ketahanan Pangan Nasional juga sekarang sedang Gencar dilaksanakan di Wilayah Korem 061/Suryakancana. Contohnya sekarang ini pada hari Sabtu, (3/3/2018) TIM Sergab/Serap Gabah Kodim 0621/Bogor bersama Kementrian Pertanian melaksanakan Serap Gabah diwilayah Kodim 0621/Bogor yang bertempat di Kecamatan Cariu dan Kecamatan Jongol Kabupaten Bogor.

Dari data yang disampaikan oleh Pasi Komsos bahwa, Giat Sergab tersebut  dilaksanakan oleh Gatot Dirjen Tanaman Pangan Kementan, Maman Setdirjen Kementan, Kadiv Bulog Regional Cianjur, Kadistan Kabupaten Bogor, Dandim 0621/Bogor, Kasdim 0621/Bogor, Pasi Komsos Korem 061/Sk, Danramil 2108Cariu, Wadanramil 2107/Jongol, Ka UPT Pertanian Cariu, Kades Babakan Raden Kecamatan Cariu, Para Babinsa dan Staf BNI Bogor. 

Lebih Lanjut Pasi  Komsos juga menyampaikan bahwa Giat Sergab saat ini guna menindaklanjuti instruksi Presiden Jokowi agar pemerintah mengambil langkah untuk pengendalian harga. Kabupaten-kabupaten yang akan ditinjau adalah kabupaten yang saat ini sedang panen dan harga gabah kering panennya (GKP) di bawah harga pembelian pemerintah (HPP).

Selain itu Pasi Komsos juga menyampaikan bahwa Giat Sergab tersebut yakni untuk penyelamatan harga gabah petani bekerjasama dengan Bulog,  Kementan dan TNI agar petani tidak merugi. Hal tersebut sesuai dengan Perpres 20/2017 tentang Perubahan Atas Perpres Nomor 48/2016 tentang Penugasan kepada Perusahaan Umum (Perum) Bulog dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional dan aturan relaksasi kadar air hingga 30%.

Adapun hasil dari Sergab yang dilakukan di wilayah Kecamatan Cariu dan Jongol,TIM sergab berhasil menyerap Gabah dari Petani sebanyak 0,6  Ton dari Kelompok Tani Balebat yang beralamat di Desa Babakan Kecamatan Cariu.

Sedangkan  di Kecamatan Jongol dari Kelompok Tani Al-Basyah yang beralamat di Kp. Cibendo Desa Sukagalih Kecamatan Jongol dapat menyerap Gabah sebanyak 10 Ton.Dari rencana yang akan disergab 100 Ton. Untuk 90 Ton masih dalam Proses Panen. Dengan harga GKP Rp. 42.000/Kg.
(Kapenrem 061/Surya kencana/ Hasbi )
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando