Home » » Asops Kasal Resmi Membuka Pelaksanaan FPC 3RD MNEX 2018

Asops Kasal Resmi Membuka Pelaksanaan FPC 3RD MNEX 2018

Written By ANDI on 6 Mar 2018 | 7:44 PM


Mataram, 06 Maret 2018 ,.Final Planning Conference (FPC) dalam rangka pelaksanaan kegiatan 3rd Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 oleh TNI Angkatan Laut, merupakan kelanjutan dari kegiatan Initial Planning Conference (IPC) dan Middle Planning Conference (MPC) yang sebelumnya telah dilaksanakan. FPC 3rd MNEK 2018 merupakan kegiatan dengan agenda pembahasan akhir berkaitan dengan pelaksanaan 3rd MNEK 2018 yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 4 – 9 Mei 2018 mendatang dengan tema “Cooperation to Respond Disaster and Humanitarian Issues” (Kerja Sama untuk Menanggapi Bencana dan Permasalahan Kemanusiaan) yang berlangsung di Golden Palace Hotel, Lombok Nusa Tenggara Barat. Selasa (06/03/2018). 
 

Kegiatan FPC 3rd MNEK 2018 sendiri berlangsung pada tanggal 6 – 7 Maret 2018 yang tandai dengan “Pemukulan Gong” oleh Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ari Atmaja, S.E. mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. sebagai tanda dibukanya pelaksanaan FPC 3rd MNEK 2018 yang digelar di Ballroom Golden Palace Hotel Mataram. 

Rangkaian kegiatan FPC MNEK 2018 yang telah diawali dengan acara Ice Breaking dihadiri oleh delegasi dari 24 Negara peserta yang nantinya akan bergabung dalam kegiatan 3rd MNEK 2018 yang digelar di Pulau Lombok dan sekitarnya. 

Asops Kasal dalam amanatnya pada upacara pembukaan menyampaikan, diskusi dan pembahasan ini dianggap sangat penting demi suksesnya 3rd MNEK 2018. Latihan bersama ini merupakan aktivitas yang sangat penting dalam rangka meningkatkan kemampuan dan hubungan dibidang kemaritiman serta membangun kerjasama antar Angkatan Laut dari masing-masing Negara peserta. 

Hal senada juga disampaikan Asops Kasal dihadapan awak media, “Selain meningkatkan kemampuan dan kerjasama, even ini juga sebagai ajang mempromosikan Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat sebagai destinasi para wisatawan dari manca Negara. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya presentasi kunjungan wisatawan manca Negara pada daerah yang sebelumnya telah dilaksanakan MNEK seperti kota Batam dan kota Padang”, pungkasnya. 

Usai dibuka secara resmi, pelaksanaan FPC 3rd MNEK 2018 diawali dengan penjelasan dari Komandan Guspurlatim Laksamana Pertama TNI Rachmad Jayadi, M.Tr. (Han) selaku Komandan Satgas 3rd MNEK 2018 terkait dengan materi pembahasan dalam FPC 3rd MNEK 2018. 

Dalam pelaksanaan FPC ini, seluruh delegasi mengadakan diskusi dan pembahasan terkait pelaksanaan 3rd MNEK 2018. Selain diskusi, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan peninjauan oleh perwakilan dari seluruh ke tempat-tempat yang akan dijadikan lokasi rangkaian kegiatan 3rd MNEK 2018 yang meliputi Lombok Utara yang dijadikan lokasi kegiatan pembangunan infrastruktur atau Engineering Civic Action Programme (Encap) dan bakti kesehatan atau Medical Civic Action Programme (Medcap), rumah sakit Mataram untuk fasilitas Chamber, Pulau Gili Trawangan yang dijadikan lokasi transplantasi terumbu karang, serta Pelabuhan Lembar yang akan dijadikan lokasi Fleet Inspection. 

Kegiatan FPC MNEK 2018 diakhiri dengan penandatangan Minutes oleh Dansatgas MNEK 2018 beserta seluruh delegasi dari negara peserta. 

Hadir pada acara tersebut, Pangarmabar, Kasarmatim, Danlantamal VII/Kupang, Para Komandan Satuan Jajaran Koarmatim, serta seluruh Delegasi dari Negara-negara peserta 3rd MNEK 2018.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando