Home » » Mahasiswa Fak Kamnas Unhan Laksanakan KKDN Ke Sumatera Selatan

Mahasiswa Fak Kamnas Unhan Laksanakan KKDN Ke Sumatera Selatan

Written By ANDI on 27 Feb 2018 | 4:11 PM


Bogor – Mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) Fakultas Keamanan Nasional (Fak Kamnas) melaksanakan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) ke Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kodam II/Sriwijaya. (26-27/2). 

Sebanyak 85 mahasiswa Fakultas Keamanan Nasional Unhan yang melaksanakan KKDN dipimpin langsung oleh Ka. LP3M Laksda TNI Dr. Drs. Ir. Suyono Thamrin, M.Eng.Sc, Dekan Fakultas Keamanan Nasional Unhan Laksda TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, S.T., M.MT, dan Wakil Dekan Fakultas Keamanan Nasional Unhan Laksma TNI Dr. M. Adnan Madjid, S.H., M.Hum. 

KKDN mahasiswa Unhan ke Sumatera Selatan tepatnya di Palembang ini dalam rangka mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian dan kerjasama antara Pemprov Sumsel dengan  Unhan.  

Sebanyak 31 Mahasiswa dari Prodi Managemen Bencana bersama Sesprodi Kol Kes Dr. IDK Kerta Widana dan rombongan melaksanakan kunjungan ke Bapeda, Prodi Damai dan Resolusi Konflik ke Badan Kesbangpol sementara dari Prodi Keamanan Maritim melaksanakan kunjungan ke Lanal Palembang. 

Kunjungan mahasiswa Fak Kamnas Unhan ke Bapeda Sumsel bertujuan untuk mengetahui peran Bappeda dalam memadukan perencanaan pembangunan daerah, khususnya di bidang  kebencanaan. Penanggulangan bencana merupakan salah prioritas pembangunan dlm lingkungan hidup. Data dan informasi yang diperoleh sebagai bagian dari data/info yang akan digunakan oleh Mahasiswa dan Dosen Unhan untuk menyusun laporan dan data penelitian yang akan diseminarkan baik di lingkungan Unhan maupun Jurnal Nasional.

Ka. LP3M Unhan dan Dekan Fakultas Keamanan Nasional Unhan serta Mahasiswa Unhan dan Dosen Fak Kamnas yang sedang melaksanakan KKDN juga menerima jamuan makan malah dari Gubernur Sumsel Alex Nurdin yang dilaksanakan di rumah dinas Gubernur.  Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumsel menyampaikan pesan agar Masyarakat dan pemerintah provinsi bersinergi dalam menjaga, mengelola Jaka baring sport center (JSC) sebagai  salah satu aset yang dimiliki Provinsi Sumatera Selatan, selama kita mau kita bisa, apabila kita membakar hutan sama artinya kita merugikan anak cucu kita. Dengan demikian, sinergitas pemerintah, masyarakat dan dunia usaha menjadi kunci keberhasilan mendukung Asian Games. 

Mahasiswa Unhan yang melaksanakan KKDN juga mendapatkan pembekalan dari Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos.,  dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa komunikasi sosial antara militer dan sipil yang kondusif dalam menangani berbagai masalah akan membantu terwujudnya zero konflik dan antisipasi penanganan bencana kebakaran. Seluruh jajaran Pemprov Sumsel dan masyarakat siap melaksanakan perhelatan  Internasional Asean Games ke 18 yang akan dilaksanakan mulai 18 Agustus s.d 2 September 2018.

Mahasiswa Unhan bersama rombongan berkesempatan melihat secara langsung venue -venue yang ada di Jakabaring Sport Center (JSC), diantaranya Gelora Sriwijaya, Aquatic Stadium, Shooting Range dan Ski Air.  Situasi beberapa venue disana masih dalam tahap pembangunan seperti halte-halte bus untuk transportasi di kawasan JSC.  

Rusli Nawi selaku Kepala Pengawas Jakabaring Sport City menjelaskan tentang sejarah dan pengelolaan serta mitigasi bencana terutama Karhutlah (Kebakaran hutan) agar tidak mengganggu kegiatan tersebut. 
 
Masyarakat sekitar Jakabaring sport center diberdayakan oleh Pemerintah setempat untuk dijadikan pendukung dalam pengelolaan/pengelola/pekerja di JSC. Masyarakat sekitar juga dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di JSC pada setiap hari sabtu/minggu hal ini dilakukan agar masyarakat merasa memiliki JSC sehingga semangat ikut merawat dan menjaga salah satu aset yang dimiliki Provinsi Sumatera Selatan. Selama Kita Mau Kita Bisa, aapabila kita membakar jutan  sama artinya kita merugikan anak cucu kita (Alex Noerdin). Dengan demikian, sinergitas pemerintah, masyarakat dan dunia usaha menjadi kunci keberhasilan mendukung Asian Games.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando