Home » » Atase Pertahanan Negara Sahabat Kunjungan Kerja ke Kodam Pattimura

Atase Pertahanan Negara Sahabat Kunjungan Kerja ke Kodam Pattimura

Written By ANDI on 1 Mei 2017 | 5:15 PM


Ambon,PK- Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo menerima kunjungan dari Korps Atase Pertahanan (Athan) Negara sahabat bertempat di Makodam XVI/Pattimura.Para Pewira dan Istri Atase Pertahanan Negara sahabat ini datang dari berbagai Negara seperti Negara Cina, Jerman, Italia, Jepang, Laos, Selandia Baru, Belanda, Polandia, Swedia, Korea Selatan, Inggris, Singapura, Thailand, Perancis, Amerika Serikat, Turki dan Australia.

Pada Kunjungan Kerja (Kunker) Atensi Negara Sahabat Kali ini bertujuan meninjau program unggulan Kodam XVI/Pattimura yaitu emas biru, emas hijau dan emas putih.Selain itu kegiatan ini juga berfungsi ganda yaitu kesempatan bagi kedua pihak, yakni Kodam XVI/Pattimura dan Atase Pertahanan dari negara sahabat dapatmenyampaikan informasi.Baik informasi berkaitan program strategis Kodam XVI/Pattimura dan disisi lain segenap para pejabat Kodam XVI/Pattimura, dapat berinteraksi serta berdiskusi secara langsungtentang beragam hal penting yang mungkin diperlukan untuk pelaksanaan tugas dan misi para Athan selama bertugas di Indonesia.

Pangdam dalam amanatnya menyampaikan,Kodam XVI/Pattimura merupakan kompartemen strategis yang memiliki tugas menyiapkan wilayah pertahanan di darat, menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah di Maluku Dan Maluku Utaradalam rangka mendukung tugas pokok TNI. Tugas pokok tersebut dapat dilaksanakan dengan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) pada masa damai. Ada 14 tugas OMSP, dua diantaranya adalah memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan system pertahanan semesta dan membantu tugas pemerintahan di daerah. Agar kedua tugas OMSP ini dapat berhasil dengan optimal maka sangat dibutuhkan sinergitas Prajurit TNI dan Rakyat dalam pelaksanaannya.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, TNI khususnya Kodam XVI/Pattimura dituntut untuk memberikan kontribusi dalam bidang pertahanan dan keamanan maupun peningkatan kesejahteraan melalui kemampuan sistem senjata sosial. 
 
Pada pelaksanaannya, Kodam XVI/Pattimura menyelenggarakan program unggulan yang dikenal dengan sebutan emas biru untuk budidaya kelautan berupa perikanan dan emas hijau untuk budidaya pepohonan dan tumbuh-tumbuhan serta emas putih untuk silaturahmi antara anggota masyarakat. Ketiga program unggulan tersebut merupakan suatu solusi alami dalam upaya membawa wilayah binaan yang menjadi tanggung jawab Kodam XVI/Pattimura menjadi daerah yang aman, damai, rukun dan sejahtera. Kodam XVI/Pattimura melalui program emas biru, emas hijau dan emas putih berupaya agar dapat memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memelihara kondisi keamanan wilayah Maluku dan Maluku Utara secara alami yang lebih kondusif. 
 
Program ini memperoleh respon positif dari berbagai pihak setelah mengunjungi beberapa lokasi pilot project emas biru dan hijau diantaranya Presiden RI, Wakil Presiden RI, Panglima TNI, Kasad, Menristek Dikti, Menteri BUMN, Menteri Pertanian, Menteri Kelautan Dan Perikanan, Menteri Pertahanan Dan Sejumlah Dirut BUMN.

Pangdam dalam amanatnya berharap,pertemuan silaturahmi semacam ini akan memberikan dampak yang produktif bagi peningkatan hubungan dan kerjasama TNI dengan angkatan bersenjata negara sahabat. Lebih jauh dari itu akan memperkokoh jalinan persahabatan, baik secara kedinasan maupun pribadi.Selain itusangat diharapkan bahwa kesempatan kunjungan kewilayah indonesia bagian timur, yakni di Kota Ambon, 
 
Provinsi Maluku, akan memberikan gambaran kepada para Athan dan Istri mengenaiProvinsi Maluku dan sekaligus saudara-saudara juga dapat menikmati dan mengenal lebih dekat berbagai aneka seni dan budaya, tradisi dan kearifan lokal serta kekayaan alam dan keunikan khas di wilayah Provinsi Maluku yang luas dan indah ini. Turut Hadir dalam kegaiatan ini rombongan dari Mabes TNI Kolonel Sus Ishak Setyadi Sjam, Letkol Sus Aris Yudi, Mayor Cba (K) Siti Fajar dan Mayor Inf Thomas Rajunio. (AD)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando