Home » » Tingkatkan Ketrampilan Prajuritnya, Lanal Cilacap Gelar Latihan Menembak

Tingkatkan Ketrampilan Prajuritnya, Lanal Cilacap Gelar Latihan Menembak

Written By ANDI on 30 Mar 2016 | 5:36 PM

PORTAL-KOMANDO.COM,.-Cilacap (30/3),-Dalam meningkatkan kemampuan menembak prajuritnya, Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap, Lantamal V menggelar latihan menembak, menggunakan senjata laras panjang jenis SS 1 dan laras pendek pistol G2 Combat di Lapangan tembak Kodim 0703/Cilacap Desa Welahan Kecamatan Adipala, Rabu (30/3).

Latihan menembak ini merupakan program rutin yang digelar Lanal Cilacap setiap triwulan. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 29 s/d 31 Maret 2016 esok.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk melatih prajurit dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kemampuan serta ketrampilan perorangan termasuk pengetahuan secara teknis dalam mengatasi kemacetan senjata, menembak dengan teknik benar (sesuai dengan prosedur penggunaan senjata) serta menentukan nol benar pada senjata dan dapat menggunakan senjatanya sebagai senjata tempur organik,” terang Danlanal Cilacap Kolonel Laut (S) Johanes Tambunan dalam arahannya sebelum latihan digelar. 

Menurutnya, kemahiran menembak harus dimiliki oleh setiap prajurit khususnya prajurit Lanal Cilacap, dengan latihan menembak ini, diharapkan para prajurit Lanal Cilacap dapat meningkatkan kemampuan profesional dalam penggunaan senjata sehingga akan mempunyai kepercayaan diri tinggi dalam melaksanakan tugas sesuai bidang pokoknya dan dengan latihan ini dapat melatih dan mengendalikan emosional. 

Kemampuan tempur yang dimiliki Prajurit Lanal Cilacap lanjut Jonannes –sapaan akrab danlanal Cilacap ini- selalu ditingkatkan agar terbentuk prajurit-prajurit Matra Laut yang handal dan profesional dalam setiap penugasannya. Salah satu skill yang harus dimiliki oleh Prajurit TNI adalah kemampuan menggunakan senjata api, baik jenis laras panjang maupun laras pendek. 

Oleh karena itu lanjutnya, secara mutlak perlu diadakan program latihan menembak yang dilaksanakan secara berkala terus menerus sebagai bentuk program pembinaan operasi dan latihan secara bertingkat dan berlanjut.

Sebelum melaksanakan latihan menembak dengan menggunakan amunisi tajam, terlebih dahulu diadakan briefing oleh pelatih menembak tentang bagaimana sikap menembak yang benar, tata cara pembawaan senjata serta yang tak kalah pentingnya adalah faktor keamanan dalam pelaksanaan kegiatan menembak ini. Latihan menembak diikuti secara antusias oleh seluruh prajurit, hasil dari program latihan menembak ini merupakan ukuran berhasil tidaknya kemampuan menembak setiap prajurit Lanal Cilacap.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando